Waspada Bahaya Freon AC Mobil Bocor, Bisa Bikin Jantung Berhenti Mendadak

Toyota Samarinda : Ada bahaya freon AC mobil bocor jika terhirup oleh pengemudi atau penumpang di dalam mobil. Bahkan tidak jarang kematian mendadak terjadi akibat hal ini.

Setiap sistem pendingin tentu dilengkapi dengan freon, termasuk kulkas, freezer, dan AC. Begitupun dengan AC mobil, juga dilengkapi dengan gas kimia yang punya nama lain Cloroflourocarbon itu.

Gas tersebut memang dibutuhkan pada proses pendinginan di mesin pendingin. Namun selain bermanfaat, ternyata freon juga berbahaya lho. Kali ini kami akan membahas mengenai bahaya freon AC mobil bocor yang terhirup pengemudi atau penumpang di dalamnya.

1. Sebabkan Kematian Mendadak

Freon mobil akan berguna saat dilakukan proses pendinginan. Namun gas ini akan jadi mesin mematikan manakala terhirup oleh manusia. Sebuah penelitian kesehatan membuktikan, jika gas freon yang terhirup manusia akan menyebabkan beberapa efek buruk.

Gejala pertama yang akan dialami manusia yang menghirup gas freon dalam waktu cukup lama antara lain berkurangnya daya penglihatan. Kemudian dilanjutkan dengan timbul gangguan pada hidung dan lidah serta nyeri di daerah perut. Jika freon terus menerus terhirup, maka akan terjadi pembengkakan saluran pernapasan, luka bakar di kerongkongan, serta gangguan detak jantung. Pada beberapa kasus, bahkan detak jantung seseorang bisa berhenti sepersekian detik.

2. Belum Ada Gantinya

Sampai saat ini belum ada cara pengganti freon dengan gas yang lebih ramah bagi manusia. Namun untuk menghidari bahaya freon AC mobil bocor, maka bisa dilakukan beberapa trik. Diantaranya tidak terus menerus menggunakan AC mobil saat berkendara. Apalagi jika berkendara dalam waktu yang relatif lama.

Jika daerah yang dilalui terasa sejuk, lebih baik jika matikan AC mobil dan buka kaca jendela atau sunroof. Hal ini untuk membuat udara dalam mobil tersirkulasi dengan udara segar dari luar. Cara lainnya dalam menghindari bahaya freon AC mobil bocor tentu saja dengan melakukan perawatan berkala pada AC mobil Anda.

By : Prasetyo Adhi

Sumber : https://cintamobil.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *