Dijamin Langsung Bisa, Ini Cara Menyetir Mobil Matic Yang Mudah

Toyota Samarinda : Belum tahu cara menyetir mobil matic? Bagi sebagian orang, hal tersebut bisa dibilang susah dan agak rumit untuk dipahami. Tapi perlu diketahui, jika kita paham triknya maka mengendarai mobil matic akan terasa menyenangkan. Berikut kami sampaikan cara menyetir mobil matic yang mudah dan praktis.

Cara Menyetir Mobil Matic

Melihat dunia otomotif saat ini, rasa-rasanya memang mobil matic mulai digemari perihal kondisi jalan yang seringkali macet. Memang tak dipungkiri, kelebihan transmisi otomatis alias matic adalah lebih ringkas, praktis dan tidak melelahkan, ketimbang transmisi manual.

Perlu jadi catatan bahwa mobil transmisi matic punya beberapa kode pada tuasnya. Untuk langkah awal, kode-kode tersebut haruslah dipahami lebih lanjut sehingga memudahkan Anda dalam mengetahui cara menyetir mobil matic.

Arti Kode Transmisi Mobil Matic

Tak seperti mobil transmisi manual yang menggunakan kode numerik seperti 1,2,3 dan seterusnya, mobil matic justru lebih sederhana. Tercatat ada empat kode seperti P, R, N serta D. Berikut kita simak lebih dulu, arti kode transmisi mobil matic.

  • Parking (P)

Tuas P dapat diaktifkan ketika Anda sudah selesai memposisikan mobil pasca parkir. Dalam hal ini, supaya mobil tidak bergerak mundur atau maju. Di sisi lain, tuas P juga bisa diaktifkan ketika berada di jalanan macet, yang sekiranya Anda harus berhenti dalam jangka waktu lama.

  • Return (R)

Tuas R punya fungsi untuk mundur yang umumnya digunakan saat melakukan parkir.

  • Neutral (N)

Ketika diaktifkan, tuas N akan memastikan kendaraan dalam posisi netral. Tuas ini umumnya digunakan saat berhenti di lampu merah sembari menggunakan rem tangan. Tujuannya agar Anda tidak mudah lelah karena kaki juga bisa beristirahat, tidak menginjak pedal gas maupun rem.

  • Drive (D)

Tak seperti manual yang harus mengoper tuas berkali-kali, tuas D pada mobil matic punya fungsi untuk melaju ke arah depan. Adapun di beberapa model mobil, tuas ini terbagi menjadi beberapa tingkatan seperti D1, D2 dan D3.

  • Low (L)

Tuas L hanya digunakan ketika Anda melaju di medan tanjakan saja. Dalam hal ini, fungsinya akan serupa dengan transmisi gigi satu pada mobil manual.

Tahap-Tahap Menyetir Mobil Matic

Setelah paham akan kode-kode di atas, kini saatnya untuk mengetahui cara menyetir mobil matic yang dibagi dalam beberapa tahap.

  • Hafalkan Posisi Kode-Kode Tadi

Hal tak kalah penting adalah menghafal kode-kode pada mobil matic yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika perlu matikan mesin terlebih dulu dan ubah posisinya hingga Anda hafal. Hal ini dirasa perlu supaya Anda dapat mengganti posisi tuas tanpa perlu melihat, khawatir dapat mengganggu konsentrasi selama perjalanan.

  • Menghidupkan Mesin

Cara menyetir mobil matic berikutnya adalah soal menghidupkan mesin. Dalam hal ini, mesin mobil akan hidup hanya ketika tuas berada pada posisi P. Setelah itu, injaklah rem dan hidupkan mesin. Dalam fase ini, sebaiknya biarkan mobil supaya agak panas.

  • Lajukan Mobil

Pindah tuas dari posisi P ke posisi D. Hal yang cukup menjadi hambatan pemula adalah mengatur ritme rem serta pedal gasnya. Triknya adalah mengangkat pedal rem perlahan-lahan hingga mobil sedikit bergerak. Barulah setelah itu, injak pedal gas perlahan-lahan dan lepaskan rem sepenuhnya.

  • Pindah Tuas Sesuai Kondisi

Jika sudah berada dalam tahap melaju, pindahkan tuas transmisi dari D1, D2 serta D3. Putaran paling rendah adalah D1 yang kemudian bisa Anda tingkatkan lagi ke D2 dan D3. Tak kalah penting adalah biasakan menginjak pedal rem setiap kali menggeser tuas transmisi.

Penting pula kami ingatkan tentang kondisi jalan menanjak. Dalam menghadapi hal ini, Anda hanya perlu mengubah tuas transmisi ke posisi L sehingga Anda dapat menaiki tanjakan tanpa masalah.

Nah, apakah pembaca setia toyotadisamarinda.com punya cara menyetir mobil matic yang lain? Jika iya, coba sampaikan di kolom komentar, supaya bisa menjadi manfaat untuk pembaca lainnya.

Franky Pratama

Sumber : https://cintamobil.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *