Waktunya Bersihkan Mobil

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Waktunya Bersihkan Mobil.

Waktunya Bersihkan Mobil

Saat memutuskan membeli mobil, tentunya ada banyak hal yang mengharuskan kita untuk sepenuh hatiĀ untuk mengurus mobil tersebut. Salah satunya adalah mengurus penampilan dan kenyamanan. Kini, dengan semakin meningkatnya intensitas curah hujan di Indonesia, mengurus mobil juga intensitasnya harus semakin ditingkatkan.

 

Berikut ini kami sajikan beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan, demi menjaga penampilan dan kenyamanan, tidak hanya selama musim hujan, tapi juga untuk jangka waktu panjang.

 

Semprot Mobil

 

1. Siram Dengan Air Bersih
Setelah menempuh perjalanan di tengah hujan, ada baiknya mobil disiram dengan menggunakan air bersih. Siram seluruh bagian luar mobil, mulai dari atap, hingga ke bagian yang agak tersembunyi seperti suspensi. Hal ini berguna untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel. Seperti kita ketahui air yang menempel bersama debu dan kotoran lainnya, bisa menimbulkan karat di bagian-bagian yang tersembunyi. Untuk bagian body, Anda bisa langsung mengelap kalau memang terpaksa. Namun harap diingat, debu dan beragam kotoran lainnya yang menempel bisa membuat baret pada body. Itulah kenapa, lebih baik jika disiram air terlebih dahulu.

 

Car-Battery

 

2. Bersihkan Komponen Elektrikal
Anda tidak perlu sampai membongkar dashboard untuk merawat komponen elektrik pada mobil. Yang penting adalah bagian kelistrikan yang krusial seperti kepala aki, soket listrik di kompartemen mesin, dan sebagainya. Gunakan pembersih yang memang dikhususkan untuk hal ini, seperti contact ceaner, yang bisa didapat di toko-toko listrik ataupun peralatan rumah tangga. Mereknya bisa disesuaikan dengan keuangan Anda.

 

Clean undercarriage

 

3. Cuci Kolong
Anda ingat bagaimana kondisi kolong mobil saat masih baru? Nah, dengan mencuci bagian kolong, kesan tersebut bisa Anda dapatkan kembali. Cuci kolong memang bukan hal yang harus dikerjakan setiap kali mencuci mobil. Tapi sebaiknya hal ini rutin dilakukan paling tidak satu bulan sekali. Kalau merasa kesulitan, bawa saja mobil Anda ke tempat cuci mobil yang memiliki fasilitas car lift. Selain untuk membersihkan kotoran yang tidak terlihat, hal ini juga berguna untuk mencegah karat di bagian kolong mobil.

 

Samsung

 

4. Bersihkan Ruang Mesin
Yang satu ini agak ‘tricky’ memang. Dan kalau tidak terbiasa, kami sarankan Anda untuk menyambangi salon mobil yang sudah berpengalaman untuk pengerjaan ini. Kompartemen mesin yang bersih selain enak dipandang secara estetika, juga bisa memperpanjang umur komponen-komponen yang ada seperti selang-selang, mencegah karat pada blok mesin. Dan kalau mobil Anda akan dijual, ruang mesin yang bersih akan membuat mobil lebih atraktif. Kami akan membahas lebih lanjut mengenai cara membersihkan ruang mesin dengan benar.

 

Windshield

 

5. Rawat Kaca Mobil
Tanpa kaca yang bening dan bersih, tentunya mobil tidak akan bisa dikendarai dengan aman. Karena itu, pastikan semua kaca bersih dari kotoran. Perawatan kaca mobil juga cukup mudah. Cara sederhananya tinggal mencuci kaca dengan sabun mobil. Atau gunakan cairan yang memang dikhususkan untuk membersihkan kaca mobil. Yang harus diperhatikan adalah penggunaan lapnya. Lap yang berminyak akan meninggalkan minyak pada kaca, dan berujung membuat kaca buram. Lap yang kotor, semisal ada butiran debu, akan membuat kaca baret. Jadi, perhatikan lap untuk kaca sebaiknya dibedakan dengan lap untuk body.

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *