Wajib Tahu, Inilah Faktor Penyebab Mobil Terbakar Saat Dalam Perjalanan

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Faktor Penyebab Mobil Terbakar Saat Dalam Perjalanan. Hingga saat ini insiden mobil terbakar di jalan tol atau jalan bebas hambatan masih saja sering terjadi. Belaum lama, mobil Range Rover terbakar di jalan tol Jagorawi km 25 arah Bogor dan dikonfirmasi oleh akun Instagram TMC Polda Metro Jaya.

Penyebab Mobil Terbakar

Meskipun dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa tapi hal ini menjadi sebuah kehawatiran tersendir bagi pemilik mobil apalagi saat digunakan untuk perjalanan jauh.

Melihat dari musibah tersebut, pengguna atau pemilik mobil wajib tahu sebenarnya apa saja yang menyebabkan mobil bisa tiba-tiba terbakar pada saat melaju. Hal ini bertujuan agar pemilik mobil bisa selalu waspada maupun tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang ujungnya bisa menimbulkan potensi mobil terbakar.

mobil-terbakar-di-jalan-raya

Dan berikut ini adalah penyebab mobil tiba-tiba terbakar pada saat melaju atau pada saat mobil dalam perjalanan.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi menyatakan bahwa faktor utama mobil terbakar karena pemilik melakukan modifikasi, khususnya modifikasi yang terkait pada bagian kelistrikan mobil. Sedangkan modifikasi yang dilakukannya tidak sesuai dengan standar instalasi listrik yang benar.

Potensi paling besar karena modifikasi kelistrikan itu. Karena jika bermasalah akan ada percikan api,” kata Anjar kepada Otomania, Selasa (8/11/2016).

Selain itu, penyebab mobil terbakar juga bisa dikarenakan faktor usia penggunaan mobil namun tidak dilakukan perawatan dengan benar. Biasanya, karet-karet pembungkus kabel sudah using, rusak, atau rapuh. Otomatis, kabel instalasi kelistrikan menjadi mudah tidak terbungkus sehingga berpotensi menimbulkan percikan api yang menyebabkan mobil bisa terbakar.

Tetapi kalau masalah itu kemungkinannya kecil. Paling utama mengenai modifikasi kelistrikan yang tidak sesuai aturan,” ujar Anjar.

Dadi Hendriadi selaku General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) juga menambahkan bahwa faktor terjadinya kebakaran pada mobil dikarenakan adanya penambahan kabel-kabel yang tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa cepat menimbulkan panas dan juga percikan api.

Ada juga kemungkinan bocor saluran bahan bakar atau bocor kabel busi sehingga timbul percikan bunga api di tempat yang tidak seharusnya. Tiga faktor penyebab utamanya, yaitu bahan bakar yang mudah terbakar, udara, dan pemicu api,” ujar Dadi kepada Otomania, Selasa (8/11/2016).

Jadi untuk mengantisipasi agar mobil tidak terbakar saat digunakan untuk perjalanan, Dadi menyarankan, pemilik mobil harus secara rutin melakukan pemeriksaan secara berkala.

Itulah beberapa faktor penyebab mobil terbakar yang harus Anda tahu. Serta tips sederhana untuk menghindari agar mobil tidak terbakar saat digunakan dalam perjalanan. Semoga bemanfaat.

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *