Trik Dadakan Atasi Kopling Mobil Los

Toyota Samarinda : Trik Dadakan Atasi Kopling Mobil Los.

Kopling Mobil Los

Memiliki mobil memang tidak terlepas dari beragam masalah. Masalah-masalah tersebut dapat muncul sewaktu-waktu. Bahkan bisa saja terjadi ketika kita sedang asyik berkendara. Masalah yang terjadi ketika mobil sedang digunakan selalu menjadi momok bagi pengemudi mobil. Kebanyakan pengemudi langsung panik ketika terjadi masalah di tengah jalan, yang justru menyebabkan mereka sulit berkonsentrasi dan akhirnya masalah tak bisa ditangani sendiri. Terlebih kerusakan pada kendaraan anda bisa terjadi kapan pun tanpa diduga, untuk itu Anda harus selalu siap jika kerusakan semacam ini terjadi.

Salah satu masalah yang kerap membuat kaget pengemudi adalah kopling mobil tiba-tiba los. “Tekanan hidrolik garpu penyanggah kopling (shift fork) tidak mencapai tekanan maksimal. Ini pun ada sebabnya, yakni terjadi kebocoran pada beberapa komponen,”Ujar Rusdy Sopiandi, pemilik bengkel Fendryss di bilangan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Selasa (13/10/2015).

“Efek buruknya tidak bisa masuk gigi. Bisa juga bikin kopling selip, atau tidak ada tekanan pada kopling, sehingga transmisi tidak bisa masuk gigi sebagaimana mestinya. Paling buruk, ketika sedang macet atau menanjak, kopling los dan mobil pun mogok.” Lanjut Rusdy.

Hal ini tentu bisa menjadi suatu hal yang menakutkan bagi para pemilik mobil. Apalagi jika usia kendaraan yang memang sudah tua. Saat mendapati masalah seperti ini, Anda tak boleh panik agar bisa berpikir dengan tenang.

Segeralah menepi kemudian pindahkan gigi ke posisi netral. Baru setelah itu matikan mesin mobil. Anda tidak perlu menelepon bengkel lalu meminta mobil diderek karena Anda bisa lebih dulu mengatasi masalah ini sendiri dengan mudah.

Penyebab kopling tiba-tiba los adalah rusaknya master kopling kendaraan. Minyak kopling pada tabungnya sudah habis sehingga master kopling tidak bisa berfungsi dengan baik. Tabung minyak ini terletak di ruang mesin tepat di depan kemudi, ukurannya hanya sebesar tiga jari.

Bukalah tutup tabung lalu periksa minyak di dalamnya, apakah sudah habis atau masih tersisa. Jika minyak sudah habis, Anda bisa membeli minyak kopling atau menggunakan minyak rem yang bisa dibeli di toko perkakas karena keduanya memiliki fungsi yang sama.

Sebenarnya, minyak rem dengan kode DOT 3 tidak disarankan bagi mobil Eropa yang mengalami masalah serupa. Tetapi, jika Anda hanya bisa menemukan minyak sejenis demikian, gunakan minyak rem tersebut lebih dulu. Bawalah mobil ke bengkel, lalu kuras ulang tabung minyaknya di bengkel.

Setelah diisi dengan minyak kopling, mobil pasti sudah bisa digunakan lagi dengan performa yang baik serta kopling yang tidak los lagi. Agar tidak mengalami masalah yang sama dua kali, jangan lupa untuk memeriksa dan mengecek minyak sebelum Anda melakukan perjalanan.

Kopling mobil los sangat mungkin terjadi pada kendaraan baik yang menggunakan sistem kopling tipe hidrolik maupun tipe mekanis. Jika kita tinjau, penyebab paling besar yang memicu kopling jeblos adalah masalah pada minyak kopling. Penyebab yang satu ini biasanya muncul pada kendaraan yang menggunakan kopling tipe hidrolik. Oleh sebab itu, bagi anda pemilik kendaraan yang menggunakan sistem kopling tipe hidrolik, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kondisi minyak kopling secara rutin.

Semoga dengan adanya artikel Trik Dadakan Atasi Kopling Mobil Los tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Sumber : www.otosia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *