Transmisi Manual Jadi Ciri Khas Sienta Indonesia

Toyota Samarinda : Transmisi Manual Jadi Ciri Khas Sienta Indonesia.

Transmisi Manual

Mobil Sienta bukan merupakan mobil baru, Generasi pertama mobil Sienta telah ada pada tahun 2004. Produksi mobil ini sempat dihentikan karena perkembangannya di Jepang cukup lambat. Namun pada bulan Juli tahun 2015 Toyota Jepang resmi merilis generasi ke 2 dari Toyota Sienta dengan perubahan yang cukup pesat dan lebih canggih dari sisi interiornya.

Toyota Sienta mampu bersaing di pasaran low MPV. Bahkan Sienta ini cukup mumpuni di kelasnya. Untuk menguji mobil ini di pasaran Industri ini memang diperlukan tidak hanya 1 hingga 2 tahun saja, hal ini dikarenakan mobil jenis low MPV ini baru akan mendapat tempat tersendiri bagi para pecinta otomotif.

Sienta yang dipasarkan di Indonesia oleh Toyota memiliki mesin yang berbeda dengan versi Jepang. Ciri khas Sienta yang ada di Tanah Air adalah transmisi manual 6 percepatan, berbeda dengan mesin mobil Toyota Sienta di Jepang yang dibekali dengan CVT (Continuously Variable Transmission). Tambahan pilihan itu ternyata membawa perubahan besar pada kondisi interior.

Toyota memiliki alasan sendiri mengapa memasarkan Sienta yang berbeda dengan yang ada di Negara asal mereka yakni Jepang. Karena mayoritas masyarakat Indonesia yang lebih suka dan lebih familiar dengan mobil manual menjadi alasan utamanya. Selain itu harga mobil Toyota Sienta manual ini bisa terbilang cukup terjangkau di kantong masyarakat.

Dengan 6 percepatan, efisiensi bahan bakar pada Toyota Sienta pun makin maksimal. Untuk mesin, Sienta dibekali dengan mesin 2NR-FE yang dirakit pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI) yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Kapasitas mesin Sienta sebesar 1.497 cc, empat silinder, 16 valve, DOHC, Dual VVT-i. Pada kode mesin, Sienta mengusung kode 2NR-FE. Spesifikasi F merujuk pada penggunaan dua camshaft atau DOHC (dual overhead camshaft).

Sementara untuk kode E berarti Electronic Fuel Injection (EFI), yang berarti sistem penyemprotan bahan bakar yang kerjanya dicek secara elektronik agar mendapatkan nilai campuran udara dan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mobil, sehingga mendapatkan daya mesin yang optimal dengan pemakaian bahan bakar yang minimal serta mempunyai gas buang yang ramah lingkungan.

Pada putaran 6.000 rpm, daya yang dihasilkan Sienta sebesar 107 PS, dengan torsi maksimum 14,3 kgm pada 4.200 rpm. Mesin Sienta yang menggunakan aluminium sebagai material utama membuat mesin lebih ringan dan irit konsumsi bahan bakar.

Keunggulan transmisi manual ini adalah minimnya getaran sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna Sienta. Pengemudi maupun penumpang tak akan merasakan banyak guncangan meskipun melewati jalan yang tidak terlalu rata.

Jika Anda tertarik dengan kehebatan dan kenyamanan yang disuguhkan Toyota Sienta, Anda dapat memilih varian E M/T, G M/T, dan V M/T. Masing-masing varian tersebut dibanderol Rp 230 juta, Rp 242 juta, dan Rp 257 juta, per 1 september 2016 untuk wilayah DKI Jakarta. Harga bisa berubah sesuai lokasi pembelian anda.

Tentu saja harga tersebut tidak seberapa dibandingkan dengan fitur serta kelengkapan yang disematkan pada besutan baru keluaran Toyota ini. Semoga bisa menjadi inspirasi anda jika ingin membeli mobil keluarga.

Silahkan Share ...Share on Google+Share on FacebookTweet about this on Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *