Toyota: MPV Masih Mendominasi Pasar Mobil Indonesia

Toyota Samarinda : Toyota MPV Masih Mendominasi Pasar Mobil Indonesia.

Mendominasi Pasar Mobil Indonesia

Pasar mobil Indonesia, tampaknya tak bisa disamakan dengan market global yang kini menggandrungi mobil jenis sport utility vehicle (SUV). Pasalnya, hingga kini produk jenis multi perpose vehicle (MPV) masih mendominasi penjualan di tanah air.

Ini yang diungkap oleh Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor. Menurutnya, kenaikan penjualan di pasar SUV terjadi seiring munculnya produk baru. Sesudah beberapa lama, pasar MPV kembali mendominasi penjualan.

Toyota Avanza di Afrika Selatan
Toyota Avanza

“Kalau SUV itu hanya masalah trend, sama seperti hatchback juga. Jadi ketika ada produk baru yang diperkenalkan, pasarnya naik. Tapi kalau disuruh balik lagi, market kembali lagi ke MPV. Hal ini juga terbukti tahun ini, market posisi untuk MPV bisa mencapai 44 persen, padahal di tahun lalu 36 persen jadi ada kenaikan 8 persen,” papar pria yang kerap disapa Suryo.

Menurutnya, ada beberapa sebab penjualan MPV tetap mendominasi. “Ya karena MPV itu dianggap lebih ke arah produk transportasi, muat banyak dan juga lebih efisien, jadi banyak yang meminati,” terang Suryo.

Toyota-Alphard-2016-1-7-7285-1449770266
Toyota Alphard

Bila dilihat dari data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), penjualan MPV di Indonesia terbagi menjadi tiga segmen : Low, MPV dan juga Upper. Secara total, penjualan di tiga segmen MPV ini, mencapai 95.056 unit periode Januari hingga Maret mencapai 283.245 unit.

“Memang ada timingnya pasar itu bisa cenderung berubah. Tapi nanti saat mendekati lebaran, produk MPV pasti naik,” tambah Suryo. Saat ini, Toyota bisa dikatakan mendominasi penjualan MPV di Indonesia lewat produknya seperti Avanza, Kijang Innova, Sienta dan Alphard.

Sementara produk terlarisnya, Avanza, sudah terjual 35.713 unit. Selanjutnya Kijang Innova yang mencapai 13.256 unit. Tak hanya sukses dalam penjualan di dalam negeri saja, tetapi MPV Toyota juga berkontribusi terhadap ekspor ke negara lain. Toyota Sienta misalnya, mobil yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di pabrik Karawang ini tercatat diekspor sebanyak 13.600 unit selama 2016. Sementara itu Kijang Innova yang diekspor pada 2016 mencapai 3.500 unit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *