Toyota Akan Bawa Gazoo Ke Indonesia

Toyota Samarinda : Toyota Akan Bawa Gazoo Ke Indonesia. Toyota Indonesia memastikan lini performa tinggi hasil pengembangan Gazoo Racing akan dibawa ke tanah air. Konfirmasi ini bahkan dipastikan dengan jadwal peluncurannya pada ajang GIIAS 2017.

Toyota Bawa Gazoo

“Tahun ini kami berencana membawa model Gazoo Racing ke Indonesia. Kami mencoba menjalankan instruksi dari Akio Toyoda untuk mengembangkan varian sport ini di seluruh dunia,” jelas Fransiskus Soerjopranoto, General Manager Eksekutif Pemasaran dan Penjualan PT Toyota Astra Motor saat bertandang ke OTO.com, hari ini (24/2).

 

Ajang pameran otomotif terbesar di republik ini, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 pun dipilih sebagai panggung utamanya. Event yang digelar Agustus nanti, disebut pria yang akrab disapa Suryo ini menjadi momen perdana menyapa Indonesia.

 

“Nantinya akan dibedakan dengan TRD (Toyota Racing Development) yang sudah ada. Gazoo ada di atasnya,” tutur Suryo menjelaskan. Jika Anda masih sedikit asing dengan nama varian ini jangan heran, sebab penggunaannya sebagai upaya peningkatan performa di mobil yang dijual umum memang baru berjalan akhir-akhir ini.

 

Toyota Gazoo Racing 02

 

Kehadirannya pun ditandai dengan kembali aktifnya mereka di ajang reli dunia, World Rally Championship (WRC) musim 2017. “Kami mengembangkan mobil dengan memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman kami yang kembali terjun di ajang WRC, (salah satunya) Yaris yang mendapatkan tambahan varian yang fokus pada performa,” demikian bunyi pernyataan Koei Saga selaku bos dan divisi performa Toyota seperti dikutip dari Motor1.

 

Keinginan prinsipal Toyota di Jepang, nampaknya sudah dipersiapkan TAM selaku Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia. Menurut Suryo, nanti bakal ada model mobil yang dijual massal dengan imbuhan perangkat Gazoo.

 

Toyota Gazoo Racing 03

 

“Misalnya Yaris, tapi untuk model lainnya kita masih lihat lagi, sebab harus dibuat perbedaan dengan TRD,” bisik Suryo.

 

Sebelumnya, OTO.com sempat menyajikan kehadiran Yaris dengan performa tertinggi. Mobil ini dipersenjatai mesin 1.8 liter supercharged yang mampu memproduksi tenaga hingga 205 tenaga kuda. Tentu saja Yaris menjadi naik kelas, di pasar Eropa ia berkompetisi dengan Hot Hatch seperti Renault Megane RS dan Golf GTi.

 

Tentu spesifikasi di tanah air berbeda. Bisa saja nanti aplikasi tersebut hanya sekadar kosmetika semata seperti yang dilakukan PT Honda Prospect Motor untuk Honda dengan paket bodi Modulo dan Mugen.

 

Toyota Gazoo Racing 04

 

Apa Itu Gazoo Racing?

 

Sekadar informasi, Gazoo Racing bermula dari sebuah divisi mobil balap Toyota, yang benar-benar fokus pada pengembangan mobil kencang untuk balapan atau pengembangan mobil jalan raya berperforma tinggi.

 

Gazoo Racing menjadi perusahaan yang mengkoordinir tim balap Toyota yang turun di ajang World Endurance (balap ketahanan), WRC, rally cross country hingga Nurburgring 24 Hour. Selain itu, mereka juga menjual mobil-mobil kencang untuk pasar tertentu di Eropa, beberapa negara Asia dan pasar domestik Jepang. Sejak 2015, Toyota mengumumkan semua divisi motor sport akan bernaung di bawah Gazoo Racing. Mulai dari situlah, satu persatu model mobil global Toyota dipersiapkan dengan racikan khusus Gazoo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *