Toyota 860: Edisi Spesial Toyota 86

Toyota Samarinda : Toyota 860: Edisi Spesial Toyota 86.

Edisi Spesial Toyota 860

Tak ingin kehilangan momentum, itulah Toyota tatkala menghadirkan Toyota 860. Mobil edisi spesial dari sportscar Toyota 86 itu, dianggap sebagai pengisi waktu sekaligus penstimulus pasar hingga tiba saat generasi baru 86 diluncurkan. Waktunya memang belum ditentukan. Namun dikabarkan, tak jauh berselang dengan kehadiran saudara sports lainnya yakni Supra baru dan penerus MR2 bermesin tengah.

 

Edisi khusus Toyota 86 ini, sebetulnya tak jauh berbeda dengan saudara kembarnya, Subaru BRZ Limited, dari segi penambahan fitur. Sementara yang membedakannya, Toyota 860 menawarkan balutan warna cat spesial Supernova Orange dan Halo White. Masing-masing warna hanya diproduksi 860 unit, jadi total keduanya terbatas hanya 1.720 unit saja.

 

2017-Toyota-86-860-Special-Edition-front-three-quarter-in-motion

 

Pembeda lainnya, yang menjadikan 860 spesial, adanya strip racing berkelir hitam. Garis ganda itu membentang dari ujung kap, emblem logo Toyota di depan sampai ke emblem logo di buritan. Selain itu, trim baru pada eksterior sedikit menyegarkan wajah dan buritan dari 86. Detail ubahannya yakni lampu kabut sudah pakai LED, spion berbalut warna hitam dengan fungsi pemanas, spoiler belakang hitam dan velg alloy 17 inci yang juga diberi sentuhan warna hitam chrome. Bagian ventilasi fender juga sedikit diubah.

 

Di bagian kabin, trim baru didominasi warna hitam dengan jahitan berwarna jingga kontras, sesuai tema warna cat. Jahitan itu diberikan pada bagian jok, palang kemudi, panel-panel pintu, dashboard dan tuas rem tangan.

 

2017-Toyota-86-860-Special-Edition-rear-three-quarter

 

Penambahan fiturnya menyerupai dengan yang sudah dimiliki oleh Subaru BRZ Limited. Termasuk tombol Start, pengatur suhu kabin otomatis dua zona, pemanas jok dan layar TFT baru berukuran 4,2 inci yang dibenamkan pada cluster instrumen. Dari layar itu bisa terlihat besar gaya-G, fungsi lap-timer, vitalitas mesin dan grafik kurva tenaga. Sebagai tambahan pamungkasnya, terdapat lencana yang menunjukkan edisi spesial dari Toyota 860 yang mereka miliki.

 

Penambahan fitur dan cat serta strip racing tentunya bukan hal yang remeh, apalagi dari segi banderol harga. Toyota 86 860 Special Edition bertransmisi manual 6-speed ditawarkan seharga $39.040 sementara untuk transmisi otomatis 6-speed harganya sekitar $30.760. Jika dibandingkan dengan Subaru BRZ Limited yang notabene memiliki fitur serupa, harga jualnya sekitar $28,465. Terpaut sekitar $1.500 antara keduanya.

 

2017-Toyota-86-860-Special-Edition

 

Jika hanya melihat fitur dan performa, Subaru BRZ Limited menjadi pilihan masuk akal karena lebih murah. Namun bagi penggemar berat, atau menyukai cat warna Supernova Orange atau Halo White dengan garis penghias racing, Toyota 86 860 Special Edition merupakan pilihannya.

 

Toyota 86 sendiri dibekali dapur produksi naturally aspirated, mesin boxer 4-silinder 2.0 liter dengan daya maksimal 205 hp dan torsi puncak 212 Nm. Tenaga disalurkan ke penggerak roda belakang melalui transmisi otomatis 6-speed dengan paddle-shift dan rev-management atau tersedia juga pilihan manual 6-speed yang lebih populer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *