Tips Perawatan AC Avanza

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Tips Perawatan AC Avanza.

Perawatan AC Avanza

Suhu kabin mobil yang panas seringkali membuat kita sebagai pengguna mobil mengeluh bahwa perangkat AC mobil rusak atau mengira-ngira bahwa ada spare part / komponen AC yang sudah tidak bekerja dengan maksimal. Benarkah keluhan tersebut karena kinerja sistem AC atau justru karena kita sendiri yang kurang memahami pemakaiannya ? Berikut ini adalah tips untuk perawatan AC.

Tips Perawatan AC Mobil

Panasnya sinar matahari belakangan ini tidak dapat dipungkiri bahkan mobil Toyota kita tak jarang langsung diparkir di bawah terik matahari secara langsung. Selain dapat merusak cat mobil, hal ini juga dapat membuat kabin mobil memiliki suhu yang sangat tinggi. Dan, kita sebagai pengendara mobil tidak jarang menginginkan ketika masuk ke dalam mobil maka langsung merasakan udara dingin AC, padahal tentu saja tidak bisa seperti itu, bukan ?
Ada baiknya udara panas di dalam kabin dibuang terlebih dahulu dengan cara membuka kaca jendela dan pintu dan bersamaan dengan itu hidupkan AC Mobil. Dengan membuang udara panas maka kinerja dari blower AC tidak akan terlalu berat dan untuk membuang udara panas hanya diperlukan 3-4 menit saja ketika mobil berhenti. Kalau membuang udara panas ketika mobil melaju, sangat dikhawatirkan ada debu berterbangan yang masuk ke dalam kabin.

Selain membuang udara panas, kaca jendela mobil sebaiknya dibuka ketika pagi hari (sesaat sebelum beraktivitas), hal ini supaya terjadi sirkulasi / pergantian udara kabin, sebab jika tidak terjadi pergantian bisa mengakibatkan penyakit seperti pilek dan batuk. Penyakit tersebut bisa datang karena cara kerja AC yang mengolah udara kabin. Menghisap udara kabin untuk didinginkan kemudian dihembuskan kembali ke dalam kabin mobil. Melihat sirkulasi tersebut, sebaiknya kabin selalu dalam keadaan bersih baik itu karpet maupun permukaan jok. Hal ini terlihat sepele tapi cukup penting ketika di dalam mobil Toyota kita seringkali ditumpangi anak kecil yang notabene lebih mudah terserang penyakit.
Filter AC mobil atau biasa disebut dengan filter kabin harus kita perhatikan juga. Adapun fungsi Filter AC adalah menyaring udara dari kotoran yang telah diolah oleh AC mobil sehingga udara yang disemburkan kembali menjadi lebih bersih. Mobil yang sudah menggunakan Filter AC, jangan lupa untuk melakukan penggantiannya ketika sudah kotor. Pada beberapa mobil Toyota, penggantian Filter AC dapat kita lakukan sendiri, dimana letak Filter AC mobil adalah di bawah laci box mobil. Filter AC pun tidak tergolong mahal untuk ukuran spare part  yang tergolong vital ini.

Adapun cara bukanya :
1.Buka Laci

2.Buka penutup rumah filter

3. Keluarkan filter AC nya

4. Bersihkan filter AC nya bisa dengan di semprot atau ganti dengan yang baru

Dan sebagai tips tambahan, ada baiknya suhu AC pada mobil ada baiknya diatur pada posisi maksimum karena dapat membuat magnet clutch AC mobil menjadi lebih awet dibandingkan ketika mengatur suhu pada posisi medium. Ada yang pernah mengatakan, apabila suhu AC diatur pada posisi medium atau 3/4 itu dapat membuat mobil menjadi lebih irit dan magnet Clutch AC lebih awet, tetapi sayangnya hal itu hanyalah mitos dan tidak teruji kebenarannya.

Demikianlah Tips Perawatan AC mobil, jadi AC mobil tidak dingin belum tentu karena ada spare part yang rusak tetapi bisa saja karena kesalahan kita di dalam merawat atau menggunakannya.

Semoga Membantu

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *