Tips Merawat Toyota Avanza Bekas Biar Tetap Prima

Toyota Samarinda : Tips Merawat Toyota Avanza Bekas Biar Tetap Prima.

Toyota Avanza Bekas Biar Tetap Prima

Merawat mobil bekas biasanya butuh perhatian extra karena pemilik baru tidak mengetahui dengan sepenuhnya bagaimana kondisi kendaraan. Begitu pula dengan mobil Toyota Avanza bekas, perawatannya juga membutuhkan ketelitian. Namun, tidak perlu khawatir. Merawat Toyota Avanza bekas sangat mudah dilakukan. Mengingat jenis mobil yang satu ini tidak mudah rewel.

Mobil Avanza sendiri adalah salah mobil andalan Toyota yang sudah menjadi pilihan para keluarga. Dengan desainnya yang modern dan kabinnya yang luas akan bisa menampung banyak penumpang sehingga sangat cocok untuk keluarga besar. Mengingat mobil Avanza baru punya harga yang cukup mahal, dikarenakan banyaknya kelebihan yang dimiliki. Maka dari itu, banyak juga konsumen yang beralih membeli Toyota Avanza bekas. Walaupun begitu, mobil besutan Toyota ini masih nampak garang di jalanan.

Toyota Avanza Bekas

Biar tetap prima saat digunakan, lakukan beberapa tips merawat Toyota Avanza bekas berikut:

Merawat Toyota Avanza untuk bagian mesin

Perlu diketahui, Toyota sendiri memiliki kekurangan yang sering menimpa bagian mesin yakni sulit untuk dihidupkan saat cuaca dingin, terutama pagi hari. Maka dari itu, memang dibutuhkan perhatian khusus pada komponen mesin Toyota Avanza, misalnya terminal aki. Terminal aki yang berkarat, mengendur atau tidak dibersihkan akan membuat mesin dari mobil ini susah untuk dihidupkan.

Jika hal tersebut dibiarkan tentu akan berdampak pada mesin. Maka dari itu, sangat perlu dilakukan beberapa perawatan pada mesin mobil Toyota Avanza, seperti :

  1. Memanaskan mesin mobil Avanza sebelum menggunakannya selama 10 hingga 15 menit agar oli mesin bisa bekerja dengan optimal.
  2. Perlu diingat untuk selalu melakukan pergantian mobil secara berkala dan teratur. Di samping itu, pilih oli yang berkualitas agar mesin mobil Anda tetap awet.
  3. Rutin untuk membersihkan filter udara sebab jika tidak dibersihkan akan membuat penumpukan kotoran. Bila dibiarkan kotoran tersebut bisa masuk ke dalam mesin mobil dan menyebabkan mesin cepat rusak.
  4. Sangat perlu melakukan pengecekan aki mobil Toyota secara berkala dan teratur. Hal tersebut dikarenakan memang aki adalah salah satu komponen yang penting agar mobil Anda bisa melaju.
  5. Periksa dengan rutin injektor yang kotor atau silinder yang rendah. Jika kedua komponen tersebut Anda biarkan maka bukan tidak mungkin mobil Toyota Avanza Anda akan sering mati saat mesin terlalu panas.
  6. Dan yang terakhir perlu Anda perhatikan adalah bagian radiator mobil. Radiator mobil sangat penting untuk menjaga agar mesin mobil Toyota Avanza Anda tidak terlalu panas.

Perhatikan kebersihan interior dan eksterior

Tidak peduli jenis mobil Toyota apapun yang Anda miliki. Walaupun Anda membeli mobil Toyota Avanza bekas pun juga sangat perlu diperhatikan kebersihan akan eksterior mobil tersebut. Sebab jika mobil selalu dijaga kebersihannya dengan rutin, bukan tidak mungkin mobil Anda akan nampak menarik dan seperti baru.

Merawat mobil Avanza bekas dari sisi kebersihan sebenarnya cukup mudah dilakukan. Untuk eksterior mobil, Anda cukup rajin membersihkannya seminggu sekali atau seminggu dua kali. Anda dapat mencuci sendiri mobil Anda di rumah. Saat membersihkannya gunakan busa atau kain dengan bahan yang sangat halus hal tersebut dilakukan agar bodi mobil Toyota Anda tidak tergores.

mencuci kaca mobil menggunakan lap halus

Yang harus ingat dan diperhatikan untuk mencuci mobil ini sebaiknya dalam keadaan dingin. Jika mobil masih dalam keadaan panas akan berdampak pada timbulnya bercak – bercak setelah mencuci.

Dan yang terpenting lagi, jangan lupa untuk selalu rutin mengganti ban luar mobil, terutama saat Anda sudah berkendara lebih dari 50 ribu km atau sudah pada ambang batas maksimal yakni 80 ribu km. Ban yang sudah aus, jika dibiarkan akan sangat berbahaya bagi Anda. Juga jangan lupa untuk selalu cek volume angin pada ban.

Selain bagian eksterior bagian interior juga perlu diperhatikan. Bagian dalam mobil Toyota Avanza juga harus rutin dibersihkan. Membersihkan bagian dalam mobil tentu akan sangat susah dilakukan apabila tanpa menggunakan alat bantu. Alat yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan bagian interior mobil Toyota sendiri adalah vacuum cleaner kecil.

Penggunaan vacuum cleaner akan membantu Anda dalam menjangkau kotoran yang ada di sudut atau bagian yang sulit untuk dibersihkan.

Membersihkan Jok dengan vacuum cleaner portable

Nah, cukup mudah kan merawat Toyota Avanza bekas ? Walaupun mobil bekas, perawatan yang benar akan bikin mobil nampak seperti baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *