Tips Membersihkan Mobil Saat Pandemi Virus Corona Covid-19

Toyota Samarinda : Mereka yang masih harus beraktivitas atau bekerja di luar rumah pada saat pandemi virus corona (Covid-19) sangat disarankan menjaga kebersihan tubuh, terutama tangan, dan benda-benda di sekitarnya.

Mobil merupakan salah satu benda di sekitar kita yang penting untuk rutih dibersihkan akan terbebas dari kuman maupun virus pada saat pandemi corona (Covid-19).

Hal ini penting untuk mencegah penularan virus corona. Sebab, penularan Covid-19 tidak hanya bisa terjadi melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Infeksi bisa terjadi jika tangan menyentuh benda yang sudah terpapar droplet (cairan dari mulut atau hidung) yang dikeluarkan oleh pasien Covid-19. Jika tidak rutin dicuci dengan sabun atau dibersihkan dengan hand sanitizer, tangan yang terpapar virus corona dapat memicu infeksi saat menyentuh mulut, hidung atau mata.

Salah satu benda di sekitar kita yang penting untuk dibersihkan dengan disinfektan agar bebas dari virus corona adalah mobil. Apalagi, jika pemilik mobil bekerja sebagai supir taksi, baik offline maupun online. Interior beserta benda-benda di dalam mobil rentan terpapar droplet penumpang yang mengandung virus corona.

Mengingat tidak mudah mendeteksi orang yang terinfeksi virus corona, sikap kehati-hatian sangat penting untuk diterapkan dalam mencegah penularan Covid-19. Rutin membersihkan mobil adalah salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan.

Namun membersihkan mobil juga harus dilakukan dengan cara yang tepat. Berikut beberapa tips membersihkan mobil pada saat pademi corona:

1. Gunakan sabun Penggunaan sabun khusus untuk mobil bisa efektif untuk membersihkan sejumlah bagian luar dan dalam mobil dari kuman atau virus. Apabila ragu pada sabun pembersih yang Anda gunakan, uji terlebih dahulu pada permukaan yang tidak mudah dilihat terlebih dahulu.

2. Pakai tisu disinfektan Pastikan untuk membersihkan benda-benda di kabin mobil yang kerap tersentuh tangan, termasuk setir, kunci, tombol-tombol kontrol audio maupun power, kaca spion dan lainnya. Mengutip dari laman The Newswheel, agar tidak memicu kerusakan di permukaan ataupun sistem elektronik di interior, pembersihan bisa memakai tisu disinfektan. Selain itu, jangan menggunakan produk pembersih berbasis amoniak pada layar sentuh karena dapat menurunkan lapisan anti-silau pada layar.

3. Pakai pembersih yang tepat Saat membersihkan mobil, jangan abaikan karpet, kursi dan headliner hingga bagian belakang jok, terutama kursi baris pertama dan kedua. Namun, untuk membersikannya harus memakai cairan atau produk pembersih yang tepat. Misalnya, pembersih bahan kulit atau sampo khusus jok. Tisu disinfektan yang bebas pemutih juga bisa digunakan. Gunakan tisu penghapus makeup untuk membersihkan interior berkulit seperti karpet, kursi dan headliner. Sebaiknya jangan memakai pembersih yang mengandung pemutih, aseton, alkohol tinggi dan minyak tanah karena berisko merusak sejumlah permukaan interior yang sensitif.

4. Gunakan sarung tangan sekali pakai Penggunaan sarung tangan sekali pakai dapat mencegah paparan virus saat Anda membersihkan mobil. Dengan memakai sarung tangan, Anda juga bisa dengan aman memungut sampah atau tisu bekas yang biasa tertinggal di dalam mobil. Setelah pembersihan, buang sarung tangan itu.

5. Lap cairan pembersih dengan cepat Setelah menyemprotkan sabun atau bahan pembersih lainnya pada bagian mobil, segera lap untuk mengeringkannya dengan cepat. Jangan membiarkan bahan kimia terlalu lama di permukaan.

6. Cuci tangan Setelah membersihkan mobil, segera cuci tangan dengan sabun. Guna menjaga kebersihan kabin mobil, biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, baik sebelum maupun sesudah Anda berkendara. Perlu diingat. mencuci tangan dengan sabun merupakan kebiasaan yang penting dilakukan untuk mencegah penularan virus corona.

Untuk Info pemesanan unit Toyota di Kaltim, bisa hub saya Iis Sandi 085345999823

Kontributor: Febriansyah, Penulis: Febriansyah, Editor: Addi M Idhom

Sumber : https://tirto.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *