Tips Hemat Biaya Servis Mobil

Toyota Samarinda : Tips Hemat Biaya Servis Mobil. Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi menggunakan mobil pribadi, tentunya kendaraan yang Anda pakai harus di rawat secara berkala agar performa dan kondisinya tetap prima.

Hemat Biaya Servis Mobil

Namun, biaya perawatan mobil saat ini memang bisa di bilang tidak sedikit, mulai dari perawatan mesin hingga interior mobil.

Mengeluarkan uang untuk biaya hidup sehari-hari merupakan faktor utama yang paling banyak menyerap gaji bulanan Anda. Selain itu, biaya untuk mengendarai mobil juga cukup menguras kantong, terutama akibat harga bahan bakar yang semakin mahal.

Mengingat mobil Anda adalah mesin yang terdiri dari ratusan komponen, demi mendukung mobilitas harian Anda, ada baiknya Anda selalu rajin merawat mobil tersebut.

Ketika melakukan servis mobil, biasanya pemilik hanya ingin servis ringan dan mengganti oli. Namun, ternyata banyak sekali suku cadang yang harus diganti. Hal ini pun membuat pemilik mobil harus mengeluarkan biaya besar.

Untuk bisa hemat biaya servis mobil, Anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini.Yang pertama adalah menggunakan suku cadang asli. Jika Anda rutin melakukan perawatan mobil, tetapi setiap servis biaya membengkak karena harus mengganti suku cadang, itu artinya suku cadang yang terpasang kualitasnya tidak bagus.

Jadi, jika ingin hemat biaya usahakan untuk selalu membeli suku cadang yang asli. Caranya tentu saja dengan membeli di diler atau distributor resmi. Suku cadang yang asli memang harganya lebih mahal dari pada suku cadang palsu, namun keawetannya tetap terjamin.

Yang kedua adalah penggunaan BBM. Jangan menggunakan bensin beroktan rendah karena dapat menurunkan kinerja mesin. Bensin beroktan rendah memang murah harganya, tapi mesin yang rusak biaya perbaikannya mahal.

Menggunakan bensin beroktan rendah dapat membuat komponen mobil tidak berumur panjang karena adanya kompresi yang tinggi. Mesin mobil juga akan lebih cepat kotor karena pembakaran yang tidak sempurna menimbulkan mesin kotor.

Kemudian, lakukan servis sesuai jadwal. Sangat penting untuk mengetahui jadwal servis mobil Anda karena garansi akan hangus jika tidak digunakan. Selain itu, ketika melakukan servis sesuai jadwal, Anda tidak perlu membayar dan Anda hemat biaya.

Tips terakhir adalah merawat ban mobil. Harga ban yang tinggi akan menyusahkan ketika ban mengalami kerusakan. Apalagi ban merupakan komponen yang sangat penting bagi mobil.

Sering-seringlah mengecek tekanan angin ban sebelum menggunakan mobil. Lalu, lakukan spooring dan balancing agar pengendalian bisa tetap maksimal. Saat membersihkan ban, gunakan sabun khusus. Jangan lupa juga untuk selalu melepas dan membersihkan sela-sela ban dari kotoran minimal satu kali sebulan.

Oli atau pelumas memainkan peranan yang sangat penting bagi mesin kendaraan termasuk mobil. Tak hanya berperan sebagai pelumas mesin, oli juga memiliki fungsi untuk menjadi pendingin, pelindung spare part dari karat, menutup celah yang ada di dinding mesin dan sebagainya. Oleh karena itu sebaiknya kamu rutin ganti oli setiap 5000 kilometer atau 10.000 kilometer sekali sesuai jenis oli yang kamu gunakan pada mobil.

Mengemudikan mobil saat ini harus lebih berhati-hati mengingat kalau mengalami musibah, ongkosnya sangat mahal. Harga cat saat ini naik lebih dan 5 kali lipat, demikian pula halnya dengan suku cadang yang perlu diganti. Tidak perlu menyerobot jalan jika ingin mendahului mobil lain dan berhentilah kalau lampu pengatur lalu lintas sudah berwarna kuning.

Kalau ada yang memotong jalan Anda lebih baik mengalah apalagi dengan truk, karena kalau terjadi tabrakan, diributkan penggantiannya tidak seberapa. Dalam rangka penghematan biaya, yang juga tidak kalah penting adalah merencanakan penjalanan terlebih dahulu. Jadwalkan alamat mana yang perlu lebih dahulu didatangi dan cobalah se efisen mungkin. Jangan lupa berkonsultasilah dengan teknisi mobil Anda.

Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *