Tips Gunakan AC dengan Baik dan Effisien

Toyota Samarinda : Tips Gunakan AC dengan Baik dan Effisien. AC adalah salah satu komponen penting pada mobil yang dapat memberikan kenyamanan pada penumpang kabin. Dengan AC yang selalu menyala saat berkendara Anda tentunya tidak akan merasa kegerahan saat berkendara di dalam mobil. 
Gunakan AC dengan Baik

Meskipun penggunaan AC sangat mudah namun penggunaan AC yang berlebihan akan menguras banyak energi mobil. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda jadikan panduan untuk menggunakan AC mobil dengan baik dan lebih efisien.

Tips yang pertama adalah nyalakan AC pada suhu rendah. Sebaiknya saat menyalakan AC, Anda tidak langsung menyalakannya pada suhu tinggi. Karena AC  yang langsung dinyalakan pada suhu tinggi akan terbebani dan bekerja terlalu berat. AC akan menguras banyak energi dan dapat membuat AC cepat rusak.

Oleh karena itu ada baiknya Anda menyalakan AC dari suhu rendah. AC akan bekerja secara ringan dan efisien. Apabila Anda memiliki sistem AC otomatis pada mobil Anda maka AC akan bekerja secara otomatis dengan mode rendah. Sistem ini akan membiarkan AC menambah suhu ruang yang dibutuhkan di dalam mobil secara perlahan.

Yang selanjutnya, gunakan AC mobil sesuai waktu pemakaian, maksudnya adalah apabila Anda melakukan perjalanan jauh dan berkendara berjam-jam lamanya. Maka sebaiknya atur suhu temperatur AC mobil Anda pada posisi separuh (jangan pada posisi maksimal). Hal ini dimaksudkan agar kompresor AC mobil tidak terus berkerja dan dapat rehat sejenak. Karena kompresor yang terus berkerja akan membuat suhu cepat dingin dan terjadi pembekuan pada evaporator sehingga menghasilkan dingin yang tidak maksimal, dan juga akan memperpendek usia kompresor itu sendiri.

Dan sebaliknya bila Anda hanya berkendara sebentar atau tidak lebih dari tiga puluh menit maka tidak masalah jika temperatur pada posisi maksimal, penyetelan temperatur pada posisi maksimal adalah agar kompresor cepat menghantarkan dingin pada kabin, terlebih jika mobil anda terparkir lama pada terik matahari maka pastinya kabin mobil anda akan ikut panas dan tentu AC mobil akan bekerja lebih lama memerlukan proses untuk memberikan dingin pada ruang kabin mobil.

Tips berikutnya adalah dengan memanfaatkan jendela mobil Anda. Anda lebih baik mematikan AC jika cuaca tidak begitu panas. Sebagai gantinya Anda dapat membuka jendela mobil. Membuka jendela mobil daripada menyalakan AC dapat memberikan udara sejuk di dalam mobil. Ini adalah alternatif lain selain AC sebagai satu-satunya sumber penyejuk di dalam mobil.

Tips yang berikutnya adalah untuk mematikan AC sesuai prosedur yang ada. Lebih baik Anda mematikan AC terlebih dahulu sebelum matikan mesin. Jika Anda mematikan mesin terlebih dahulu ini akan dapat mempurburuk kondisi AC mobil Anda. Mesin mobil yang mati akan memberikan kejutan pada mesin AC yang belum dimatikan. AC akan mati secara otomatis karena mesin mobil sudah dimatikan.

Tips terakhir adalah perhatikan perawatan AC. Lalu cek kondisi AC mobil Anda kepada pihak profesional. Setidaknya cek kondisi AC mobil Anda setahun sekali. Anda dapat meminta pihak bengkel untuk mengganti penyaring udara pada AC. Ataupun memberikan anti bakteri pada lubang ventilasi AC mobil Anda. Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan AC secara berlebihan. Meskipun suhu udara di luar sangat panas, selalu usahakan untuk menyalakan AC pada suhu yang normal.

Semoga dengan adanya artikel Tips Gunakan AC dengan Baik dan Effisien tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *