Tips Agar Suhu Kabin Mobil Tidak Terlalu Panas

Toyota Samarinda : Tips Agar Suhu Kabin Mobil Tidak Terlalu Panas.

 Suhu Kabin Mobil Tidak Terlalu Panas

Saat musim kemarau atau ketika cuaca cerah, berkendara tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri. Apalagi kalau bukan soal suhu kabin yang ikut-ikutan terasa gerah dan membuat kenyamanan berkendara menjadi berkurang. Meski sudah menyalakan pendingin udara atau AC, namun tetap saja terkadang hembusan AC menjadi seperti tidak membantu. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memperhatikan segala sesuatu agar suhu kabin mobil tetap nyaman meski cuaca sedang dalam kondisi panas.

Bila suhu dalam kabin semakin panas, maka temperatur AC mobil pun akan meningkat. Hal inilah yang menyebabkan kondisi mesin mobil semakin buruk. Namun sobat Pusat Teknologi tidak perlu khawatir ada beberapa tips yang dapat sobat lakukan agar suhu kabin mobil Sobat Pusat Teknologi tetap dingin, sejuk dan terjaga suhunya. Berikut tips untuk mendinginkan kabin mobil di saat musim panas:

  1. Kondisi AC Mobil
    Kinerja AC mobil tentu menjadi hal pertama yang dipermasalahkan saat kabin dirasa panas dan tidak nyaman. Untuk itu, pastikan AC selalu dalam kondisi yang optimal. Perhatikan apakah ada masalah kebersihan dan kebocoran pada saluran AC, serta periksa kualitas freon yang digunakan. Perangkat pendingin udara yang dalam kondisi baik tidak akan menyebabkan anda kehabisan freon.
  2. Penggunaan Kaca Film
    Saat ini sudah ada banyak merk dan jenis kaca film mobil yang dapat anda peroleh di pasaran. Harganya juga beragam, tergantung dengan kualitas dari kaca film itu sendiri. Jika anda ingin kabin terasa lebih nyaman, maka tentu anda harus memilih kaca film yang memiliki fitur lebih baik dibanding pesaingnya. Tak hanya sekedar anti panas, ada baiknya anda menggunakan kaca film yang sudah memiliki fitur penolak sinar ultraviolet. Harganya memang lebih mahal dibanding kaca film biasa, tapi jika anda mencari kenyamanan maka ini adalah hal yang sebaiknya anda dilakukan.
  3. Bahan Pelapis Interior
    Beberapa pemilik kendaraan senang untuk menggunakan pelapis jok atau interior agar kabin mobil mereka terlihat lebih menarik. Namun pemilihan bahan dan kualitas pelapis yang digunakan, serta warna yang dipilih juga dapat mempengaruhi kondisi suhu kabin. Warna yang lebih terang cenderung lebih nyaman dan dapat mengurangi panas berlebih dengan lebih baik dibandingkan pelapis interior yang memiliki warna gelap.
  4. Parkir Di Tempat Yang Teduh
    Ini adalah cara yang paling lazim dilakukan agar suhu kabin tidak menjadi pengap dan gerah. Parkir di tempat teduh dan terlindung dari cahaya matahari secara langsung tentu mampu menjaga suhu kabin agar tidak terlalu panas. Selain itu, cara ini juga bermanfaat untuk melindungi kualitas cat mobil anda. Namun perlu diperhatikan jika anda akan parkir di bawah pohon, pastikan pohon tersebut tidak rapuh atau juga tipe pohon yang mengeluarkan getah. Karena getah dapat menempel pada cat mobil dan merusaknya.
  5. Buka Sedikit Kaca Mobil Anda
    Jika harus parkir di bawah cuaca yang terik, maka bukalah sedikit kaca mobil anda sekitar 1 ruas jari saja. Hal ini bertujuan agar udara dapat dengan bebas bersirkulasi dan tidak terperangkap dalam kabin.
  6. Pelindung Kaca Depan
    Jika dirasa perlu, tidak ada salahnya untuk menambahkan penutup kaca depan agar menghalangi sinar matahari secara langsung mengenai jok dan dashboard mobil Dengan cara ini, maka anda akan mengurangi potensi kabin menjadi terlalu panas dan tetap nyaman digunakan.
Silahkan Share ...Share on Google+Share on FacebookTweet about this on Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *