Teknologi VVT-I Buat Mobil Lebih Bertenaga

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Teknologi VVT-I Buat Mobil Lebih Bertenaga

Toyota memang tak pernah bosan mengembangkan teknologi untuk membuat anda makin nyaman berkendara dengan mobil kesayangan anda. Membicarakan masalah teknologi di mobil Toyota sepertinya tak akan ada habisnya. Kali ini, teknologi yang mana yang akan kita bahas? Namanya adalah teknologi VVT-i. Anda penasaran? Yuk kita simak yang berikut ini. 

Awalnya Toyota menggunakan teknologi VVT pada mesin mobil, lalu sejak tahun 2003 beberapa mobil Toyota di Indonesia mulai menerapkan teknologi VVT-i. Mesin Toyota 4A-GE 5 silinder adalah yang pertama kali menerapkan mesin berteknologi VVT-i atau Variable Valve Timing with Intelligence. 

Istilah mudahnya adalah pengatur waktu buka tutup valve. Adanya VVT-i ini dapat mengoptimalkan torsi mesin sehingga bisa membuat BBM lebih efisien. Apalagi VVT-i dapat menurunkan tingkat emisi bahan bakar menjadi rendah dan hal itu membuat mobil lebih ramah lingkungan. Dengan menggunakan teknologi VVT-i, kapasitas cc silinder mesin yang kecil-pun sanggup menghasilkan tenaga besar.

Selama mobil berjalan, sistem VVT-i mengoreksi jalur keluar masuk bahan bakar dan udara. Sistem tersebut dapat menyesuaikan keluar masuknya bahan bakar dan udara dengan pijakan pedal gas serta tanggungan beban mobil. Dengan demikian, torsi yang dihasilkan tiap putaran-pun lebih optimal.

Sementara itu untuk menghitung valve timing yang optimal, terdapat sebuah electronic control unit yang bekerja menyesuaikan dengan kecepatan mesin,volume udara yang masuk, posisi throttle, dan temperatur air.

Jika mobil Toyota kesayangan anda sudah menerapkan teknologi canggih ini, anda harus rajin mengeceknya atau rutin servis agar mesin selalu terjaga baik! 

 

Sumber : http://www.toyota.astra.co.id/

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *