Stop Modifikasi Mobil Berlebihan, Ini Kerugiannya

ToyotaSamarinda : Stop Modifikasi Mobil Berlebihan, Ini Kerugiannya.

Stop Modifikasi Mobil Berlebihan

Sebagian besar pengguna mobil didalam negeri sangat gemar melakukan modifikasi mobil. Terkhusus bagi kalagan muda ataupun orang tua berjiwa muda. Selain menjadi hobi, rata rata alasan mereka merombak mobilnya adalah ingin tampilan mobil mereka berbeda dengan yang lain.

modifikasi mobil agya

Banyak sekali cara yang dilakukan orang dalam memodifikasi mobil diantaranya modifikasi eksterior mobil dengan skotlet ataupun cat, modifikasi interior, modifikasi audio mobil, menguprek mesin atau menambah tenaga mesin, serta mengganti beberapa komponen dan sebagainya. Namun tahukah anda jika beberapa jenis modifikasi mobil memiliki nilai negative bahkan jika berlebihan bisa jadi modifikasi tersebut dapat mencelakakan para penggunanya.

Dadi Hendriadi selaku General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan penjelasan bahwa memodifikasi mobil dengan mengganti beberapa komponen standart pabrik sangatlah tidak dianjurkan. Sebab modifikasi sangatlah berpengaruh terhadap kenyamanan ataupun keselamatan para pengguna mobil baik untuk driver maupun penumpang mobil.

“Setiap modifikasi sekecil apapun bisa mengakibatkan atau pengaruh terhadap kenyamanan atau keselamatan pengendara dan penumpangnya,” kata Dadi

Dalam hal ini Dadi memberikan contoh yang sederhana dan paling umum dilakukan oleh para pemilik mobil. yaitu mengganti ban dengan merek selain bawaan pabrik. Meskipun memiliki ukuran yang sama dengan bawaan pabrik, namun ban merek lain akan memberikan rasa yang berbeda dengan aslinya, sebab dalam pemilihanya pabrikan sudah melalui beberapa tahapan pengembangan serta evaluasi yang cukup lama dan cukup ketat.

“Namun kita tetap tidak bisa mencegah pelangan yang mau modifikasi. Namun, disarankan sebaiknya dilakukan dengan perhitungan yang matang,” ujar Dadi.

Dadi menyarankan, jika ingin mengganti ban sebaiknya pilih ukuran satu tingkat dari versi normal. Namun demikian, sangat ditekankan sebaiknya hal tersebut dilakukan dengan perhitungan yang sangat matang.

Kerugian modifikasi nomer dua adalah sebagian modifikasi dapat menghilangkan garansi mobil.

“Kalau sudah modifikasi itu kan garansi akan hilang. Mobil sekarang itu menurut saya sudah tidak perlu lagi dimodifikasi, karena tampilan standarnya saja sudah bagus,” ujar Dadi

Melihat kerugian yang nomer dua tersebut, sebaiknya anda jangan sekali kali memodifikasi mobil baru yang masih memiliki masa garansi. Jika belum siap menerima resiko kehilangan masa garansi. Jika ingin memodifikasi mobil sebaiknya belilah mobil bekas sebab disamping memiliki tampilan yang sudah kuno, mobil juga juga sudah tidak lagi memiliki masa garansi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *