Sering Kebingungan saat Mobil Problem? Yuk Kenali Mobilmu

Sering Kebingungan saat Mobil Problem, Yuk Kenali Mobilmu

Semua pengemudi pasti setuju bahwa mesin memang komponen mobil yang sangat penting. Masalahnya meskipun mengetahui betapa pentingnya performa mesin mobil, namun tidak semua pengemudi paham tentang mesin mobil.

Dengan memahami ruang mesin ini, Anda dapat melakukan pengecekan sehingga Anda dapat menghindari terjadinya problem pada mesin mobil seperti overheat dan starter macet karena aki yang soak.

Jika ingin menjaga performa dan memahami mesin mobil Anda ada baiknya Anda membaca tentang bagian- bagian ruang mesin ini.

Reservoir Tank

Anda dapat menemukan tabung cadangan air radiator atau reservoir tank ini berada tepat disamping radiator. Untuk mengecek tabung radiator, Anda dapat melihat batas garis indikator. Isi air haruslah tak lebih dan juga tak kurang dari batas yang ada.

Minyak rem

Minyak rem adalah komponen yang berperan penting di sistem pengereman mobil. Ceklah apakah cairan minyak yang berada di dalam tabung berkurang atau tidak. Pastikan cairan tersebut tidak berkurang dari indikator yang berupa batas garis.

Di tutup tabung terdapat kode DOT yang bisa Anda lihat untuk penggantian dan penambahan minyak rem mobil Anda.

Accu atau Aki

Ada dua tipe jenis aki yaitu aki kering dan aki basah. Anda dapat mengecek aki mobil Anda dengan cara setiap sebelum menyalakan mesin mobil, bukalah tutup aki satu-satu, jika air sudah terlihat berkurang isilah dengan air.

Beberapa Aki sudah memiliki indikator berwarna biru dan merah. Jika lingkaran indikator hanya berwarna merah, itu tandanya aki mobil Anda perlu strum.

Air wiper

Berkendara saat hujan membutuhkan wiper mobil yang bekerja dengan baik untuk mendapatkan pandangan yang baik saat menyetir. Kecelakaan dapat terjadi karena terhalangnya pandangan akibat air hujan yang membasahi kaca depan mobil Anda terutama di malam hari.

Wiper mobil juga dilengkapi dengan air yang berguna sebagai washer. Usahakan untuk tidak membiarkannya kosong. Jika saat tidak hujan, wiper yang tidak mengeluarkan air dapat membuat kaca mobil Anda baret karena di karet wiper terdapat debu halus atau kerikil yang menyangkut.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengetahui ruang mesin Anda sehingga Anda dapat terhindar dari kemacetan atau kerusakan mesin saat sedang melakukan perjalanan.

 

Sumber : http://www.toyota.astra.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *