Selamat Tinggal Wiper Kering dan Bunyi Saat Digunakan

Toyota Samarinda : Selamat Tinggal Wiper Kering dan Bunyi Saat Digunakan. Wiper sangat dibutuhkan ketika berkendara di bawah hujan. Wiper yang bekerja dengan baik akan membantu anda ketika cuaca dalam keadaan hujan. Air hujan yang menutupi kaca akan membatasi pandangan pengendara dan kerap mengganggu konsentrasi pengemudi. Beberapa survey membuktikan kecelakaan lalu lintas di musim hujan lebih di dominasi karena wiper tidak berfungsi dengan baik pada kendaraan.
Wiper Kering dan Bunyi
Fungsinya sebagai pengelap kaca mobil ini biasanya terkendala oleh karetnya mongering atau berbunyi saat digunakan. Masalah ini seringkali datang saat kondisi cuaca tak menentu seperti saat ini dimana dalam satu hari kondisinya sangat panas kemudian berganti menjadi hujan, dan kemudian panas lagi.
Tak pelak, wiper mobil pun terkena imbasnya. Perubahan kondisi cuaca ini seringkali membuat wiper kering atau karetnya getas. Sayangnya, bukan hanya wiper lama saja yang bisa terserang masalah ini, bahkan wiper baru pun bisa mengalami masalah serupa.
Dirangkum dari laman penggemar Facebook, NGS Batteries, agar fungsi wiper bisa maksimal dan sempurna selalu bekerja optimal tentunya harus dilakukan perawatan akan lebih optimal yaitu dengan cara membersihkan agar awet. Sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan rutin.
Wiper yang mengering bisa diatasi dengan menyemprotkan cairan silicon yang bisa Anda temukan di toko-toko perlatan otomotif. Cairan ini bisa digunakan untuk belt dressing maupun untuk bahan karet.
Bahan dari cairan ini lengket sehingga memberikan grip yang kencang dan bisa mengatasi karet wiper yang kering. Selain bisa mengatasi karet wiper mengering, ternyata cairan ini juga bisa memperpanjang usia wiper.
Anda tentu tak perlu khawatir lagi meskipun kondisi cuaca tak menentu. Keuntungan lain yang bisa diperoleh dari menyemprotkan cairan silicon pada wiper mobil adalah tingkat kelenturan wiper bisa meningkat.
Wiper yang lentur tidak akan menimbulkan bunyi saat sedang digunakan. Apalagi dengan begitu, wiper yang biasanya bertahan satu tahun bisa bertahan hingga lebih dari satu tahun.
Jadi, selain mencegah wiper cepat mengering, cairan silicon dapat menjadi alternative bagi Anda untuk memperpanjang usia wiper serta mencegah wiper mengeluarkan bunyi berderak setiap kali digunakan.
Ditambah lagi, cairan silicon ini tidak akan berpengaruh negative pada kaca mobil meskipun wiper digunakan untuk menyapu air hujan dari kaca mobil. Tunggu apalagi, segera dapatkan wiper panjang umur, bebas kering dan bebas bunyi sekarang juga!
Selain itu hal yang anda lakukan agar wiper mobil tidak mengeluarkan suara adalah mengganti karet wiper secara teratur. Karet pengganti tidak terlalu mahal harganya, jadi Anda bisa memilih salah satu yang berkualitas. Ganti setidaknya setahun sekali sebelum musim hujan.
Periksa apakah gagang wiper dan rangkaian karet wiper terlalu longgar atau kencang. Rangkaian yang terlalu kencang atau longgar juga bisa menyebabkan timbulnya suara mencuit.
Dan yang terakhir yang perlu anda ketahui bahwasanya karet pada wiper mobil biasanya selalu mempunyai batas waktu pemakaian. Masa kelayakan karet wiper memang tidak bisa dipastikan , namun tentunya bisa kita kenali ciri cirinya untuk mengetahui apakah masih layak pakai atau tidak yaitu dengan cara melihat dari fungsinya apakah sudah tidak menyapu air dengan baik atau masih bisa bekerja sebagaimana mestinya. Biasanya kerusakan pada karet wiper ini menyebabkan masalah pada kinerja wiper itu sendiri yaitu seret bergetar saat digunakan istilahnya dalam menyampu kurang keset (kurang bersih dan tidak maksimal) bahkan hingga mengeluarkan bunyi.

Semoga dengan adanya artikel Selamat Tinggal Wiper Kering dan Bunyi Saat Digunakan tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Sumber : www.otosia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *