Seberapa Bagus Value Toyota Sienta?

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Seberapa Bagus Value Toyota Sienta?

Value Toyota Sienta

Toyota Sienta merupakan produk penting, karena menjadi pelengkap portfolio mobil keluarga Toyota di Indonesia. Meski kehadirannya jauh terlambat daripada Honda Freed sebagai rival utama Sienta, namun tercipta peluang besar bagi Toyota meraup banyak penjualan. Karena Freed tidak lagi masuk dalam jajaran produk yang dijual Honda Indonesia sejak tahun lalu. Sementara generasi terbarunya masih belum pasti kapan akan mengaspal disini.

Di tengah permintaan mobil keluarga yang begitu tinggi, Toyota tanpa ragu merakit Sienta secara lokal (CKD). Ini bukti betapa seriusnya Toyota Indonesia menggarap segmen MPV berpintu geser ini. Alhasil, harga jual mampu ditekan ketimbang mengimpor utuh Sienta dari luar. Jumlah varian pun bisa lebih banyak dan menyesuaikan kebutuhan calon konsumennya dengan rentang harga luas.

Sienta tipe V
Toyota Sienta V

Hal lain tak kalah penting, Sienta merupakan model pengisi celah antara Avanza dan Innova. Semenjak naik kelasnya, harga Innova yang semakin melambung tinggi, membuat ceruk harga besar dengan Avanza. Celah itu kemudian diisi Sienta yang ditawarkan dalam 7 tipe dari 4 varian utama: E, G, V dan Q.

Sebagai pendatang baru di segmen yang tidak banyak dihuni brand lain, Sienta jadi pilihan menarik sebagai mobil keluarga. Apalagi jika Anda sudah bosan dengan Avanza yang tidak banyak evolusi dan Kijang Innova yang makin tidak terjangkau. Kira-kira, dengan rentang harga mulai dari tipe termurah, Sienta E M/T Rp 233,2 juta hingga Sienta Q CVT Rp 298,2 juta, apakah Sienta sudah menawarkan value for money yang bagus?

Interior toyota sienta

Ketujuh tipe Sienta, dipersenjatai satu jenis mesin dan dua pilihan transmisi. Motor penggerak utama dipercayakan pada mesin baru 2NR-FE 1,5-liter 4-silinder dengan teknologi Dual VVT-i, yang dirancang untuk memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik. Pilihan transmisi ada manual 6-percepatan dan CVT 7-percepatan lengkap dengan mode sequential shiftmatic untuk perpindahan gigi manual.

Seluruhnya juga sudah dilengkapi peranti keselamatan standar mobil masa kini, seperti rem lengkap dengan sistem ABS+EBD (Electronic Brake Distribution) dan BA (Brake Assist) serta dual SRS airbags. Tapi tidak semata hanya dua kantung udara saja, karena mendapat tambahan knee airbag atau kantung udara lutut untuk pengemudi.

fleksibilitas kabin sienta

Bahkan untuk varian terendah Sienta E M/T sekalipun, fitur keselamatan yang dimiliki masih lebih baik dari Avanza Veloz. Konfigurasi kursi 7 penumpangnya pun sama di semua tipe. Fleksibilitas tinggi untuk menampung penumpang maupun barang, melalui metode pelipatan kursi baris ketiga model dive-in seat. Jok terlipat dan dapat tersembunyi di bawah jok baris kedua, sehingga menghasilkan ruang lapang untuk membawa barang-barang besar.

Namun, jika Anda ingin fitur hiburan dan kemewahan lebih berlimpah, tipe E bukan jawabannya. Tampilan serba standar seperti pelek kaleng dan tanpa sistem audio canggih, membuat harga Rp 233 juta jadi terlampau mahal. Pilihan tipe G, V dan Q memberi value lebih terutama adanya power sliding door dan sistem audio berukuran 7-inci. Headunit monitor layar sentuh ini tergolong istimewa karena tidak hanya dapat memainkan berbagai format, tapi juga memiliki fitur mirroring melalui Wi-Fi, internet browser dan voice command.

Sienta diluncurkan di IIMS 2016

Dari seluruh tipe Sienta, varian tertinggi Q CVT tetaplah pemegang value for money terbaik. Dengan banderol Rp 298,2 juta, sudah dijejali banyak fitur menarik dan nilai lebih dari sektor keselamatan. Tampilan luarnya tampak lebih sporty berkat pengaplikasian body kit. Lampu utamanya pun sudah model projector Bi-beam LED dan auto levelling. Lampu belakang juga sudah LED plus LED line guide sebagai pemanis. Di interior, panel instrumen tampak lebih canggih melalui pancaran optitron dan layar TFT 4,2” untuk MID (Multi Information Display).

Lalu yang paling spesial dari Sienta Q CVT, adanya fitur keselamatan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Dua fitur ini baru tersedia di Innova tipe atas seharga Rp 400 jutaan. Untuk mobil tidak sampai Rp 300 juta, sangatlah bernilai tinggi. Selain tawaran lain berupa kenyamanan, keamanan dan kelengkapan setara dengan mobil lain yang lebih mahal.

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *