Rivalitas Abadi, Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Rivalitas Abadi, Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner.

Rivalitas Abadi, Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner

Pertarungan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, ibarat rivalitas abadi kesebelasan Barcelona dan Real Madrid. Selalu menghuni dua posisi puncak klasemen, sama-sama menguasai liganya dan saling beradu gengsi dalam perebutan gelar. Tahun lalu, keduanya menyodorkan generasi terbaru SUV pekerja keras itu. Genetik urban kian kuat, bersolek total dan semakin metropolis. Mengingat pembeli di segmen ini lebih sering menggunakannya di perkotaan, fitur pemanja dan penunjang kenyamanan menjadi krusial. Bingung memilih antara Pajero Sport atau Fortuner? Simak lebih lanjut tulisan ini.

DESAIN DAN DIMENSI

desain dan dimensi

SUV diesel ladder-frame mengalami evolusi desain. Bentuk mengotak kaku serta fitur apa adanya, berubah total. Malah sekarang berani tampil modis, mewah dan trendy di segala sektor. Bahkan unsur kenyamanan dan keamanan penumpang, semakin ditingkatkan.

Wajah depan dynamic shield Pajero Sport, sejalan dengan bahasa desain Mitsubishi terbaru yang tampak futuristik. Desain buritan menjadi bagian paling unik dengan model stoplamp ‘tear drop’ yang panjang menurun ke bawah. Fortuner lebih menekankan desain floating roof yang terlihat di pilar D. Desain yang serba membulat memberi kesan tambun dan besar. Kesan itu disiasati model headlamp dan stoplamp pipih tajam. Secara keseluruhan desain Fortuner tampak lebih dewasa, mewah dan elegan ketimbang Pajero Sport.

PERFORMA

Mesin baru 2GD-FTV milik Fortuner VRZ menghasilkan tenaga 149 PS pada 3.400 rpm dan torsi 400 Nm pada 1.600 – 2.000 rpm. Akselerasi mesin baru ini, hampir tidak berbeda dengan mesin lama 2KD-FTV plus turbo VNT. Mesin ini lebih dari cukup dikendarai di dalam kota dan dengan mudah meluncur cepat di jalan tol. Pajero Sport Dakar dibekali mesin baru 4N15 menggantikan mesin 4D56 yang tetap ada di varian Exceed. Dibantu teknologi MIVEC dan turbo VGT, tercipta tenaga sebesar 180 PS dengan torsi 430 Nm. Dipasangkan transmisi otomatis baru 8-percepatan buatan Aisin dengan tipe TL80NF, menjadi pionir di kelasnya.

FITUR DAN HARGA

fitur pajero sport

Memiliki harga terpaut tipis. Pajero Sport Dakar seharga Rp 505 juta, mampu lebih murah Rp 3 juta dari Fortuner yang dibanderol Rp 508,8 juta. Soal value for money terbaik, Pajero Sport pemenangnya. Karena mampu memberikan fitur terlengkap dengan harga lebih murah dibanding Fortuner. Fitur penunjang kenyamanan pengemudi, keduanya menyertakan jok elektrik, setir dengan teleskopik dan tilt, hingga paddle shift dan kontrol multimedia di kemudi. Perbedaan signifikan ada pada fitur parkir elektrik yang hanya dimiliki Pajero Sport.

fitur fortuner

KESIMPULAN

harga pajero sport

Secara umum, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Perkembangan mesin diesel dengan pasokan bahan bakar common rail, dilengkapi perangkat turbocharger model variable geometry turbine, memang mampu memberikan performa hebat namun tetap irit dan ramah lingkungan. Pajero Sport Dakar dengan fitur lebih lengkap beserta transmisi otomatis 8-percepatan menjadi kekuatan, yang membuatnya memiliki value for money lebih baik ketimbang Fortuner. Sayang ruang kabinnya sempit untuk ukuran sebuah Big SUV.

harga fortuner

Sementara Fortuner berada di bawah naungan ‘brand image’ Toyota yang tertanam kuat di pasar Indonesia. Lebih menekankan pada kemewahan dan kenyamanan suspensi serta kabin. Ruang kabin lebih luas dan nyaman diduduki, ditambah bantingan suspensi lembut yang nyaman membuat Fortuner cocok untuk disopiri.

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *