Cara Membersihkan Debu Residu Pada Rem Mobil Toyota

Cara Membersihkan Debu Residu Pada Rem Mobil Toyota

Toyota Samarinda : “Banyak para pemilik mobil yang mengabaikan perawatan pada beberapa komponen mobil meski tahu benar kondisinya tak prima dan membutuhkan perawatan segera, contohnya adalah merawat dan membersihkan debu residu pada Rem Mobil toyota.

Padahal jika sampai tidak dibersihkan dalam waktu yang lama, kotoran seperti debu, residu oil/gemuk yang ada pada cakram dan tromol akan menumpuk dan menyebabkan rem mengeluarkan bunyi decit mengganggu.

Untuk mengatasi masalah ini pun sebenarnya tak terlalu sulit karena Anda hanya perlu membersihkan cakram dan tromol mobil menggunakan kunci untuk membuka velg, lap (kain bersih), kompresor atau kuas halus serta cairan pembersih rem atau brake cleaner yang bisa Anda dapatkan di toko sparepart mobil.

Langkah pertama adalah membersihkan bagian cakram dengan membuka velg atau roda dengan kunci velg mobil.

Setelah velg terlepas, semprotkan cairan pembersih rem mobil atau brake cleaner hingga merata, usahakanlah untuk memberikan jarak sekitar 15 centimeter antara cakram dan brake cleaner.

Kemudian lap dengan kain bersih yang sudah disiapkan dan bersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada bagian cakram.

Jika sudah dilap bersih, lakukan penyemprotan sekali lagi seperti langkah kedua hingga hasilnya benar-benar bersih, kemudian lap kembali agar hasilnya maksimal.

Untuk membersihkan tromol caranya hampir sama dengan cakram, bedanya hanya pada cara melepas tromol dari tempatnya.

Jika Anda sudah melepas roda untuk membersihkan cakram, Anda akan melihat tromol dan cukup melepasnya dengan cara diketok menggunakan palu secara hati-hati atau perlahan.

Setelah terlepas, Anda akan melihat kondisi tromol yang berdebu atau banyak residu, bersihkanlah debu tersebut dengan menggunakan kompresor atau kuas halus.

Bila debu dalam rem mobil sudah bersih dari seluruh permukaan atau paling tidak berkurang, lakukan penyemprotan dengan brake cleaner seperti langkah yang sudah dilakukan saat membersihkan cakram tadi.

Ulangi langkah penyemprotan dengan brake cleaner dan pengelapan menggunakan kain halus berulang kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

Jika tromol sudah bersih, maka tromol bisa dipasang dan rem pun tak akan mengeluarkan bunyi berdecit serta bersih dari debu atau residu.”

 

Sumber : http://toyota.astra.co.id/ dan http://toyotadisamarinda.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *