Posisi Tangki Dapat Dilihat di Indikator Bensin

Toyota Samarinda : Posisi Tangki Dapat Dilihat di Indikator Bensin. Pemilik kendaraan roda empat khususnya, terkadang masih belum bisa memahami simbol-simbol yang terletak pada panel indikator. Padahal dengan bisa membaca informasi tersebut, mobil akan mampu dikuasai sepenuhnya, bahkan akan terhindar dari kesulitan.

Posisi Tangki Dapat Dilihat di Indikator Bensin
Terkadang pengemudi lupa atau tidak hapal posisi lubang pengisian tangki bensin. Ini biasanya terjadi ketika pengemudi meminjam mobil pada teman, rental mobil atau baru membeli mobil.

Indikator bensin di panel speedometer penting untuk mengetahui jumlah bbm yang terdapat pada tanki bahan bakar. Jika indikator bbm rusak, kita akan mengalami kesulitan kapan saat mengisi bensin.

Masalah yang kerap dihadapi para pemilik kendaraan, yaitu lupa akan posisi lubang tangki bahan bakar minyak (BBM). Mungkin ini tidak terlalu dianggap penting, namun akan merepotkan jika salah memposisikan mobil saat mengisi BBM di SPBU. Sebab, jika salah posisi, mobil bisa diminta untuk memutar dan memperbaiki posisi.

“Ini jadi masalah ketika akan mengisi bensin, padahal posisi lubang tangki sudah diinformasikan pada panel indikator, tapi masih banyak yang tidak tahu. Banyak yang tidak bertanya mengenai hal ini, padahal cukup penting,” ujar Saiful Anwar, Wakil Kepala Bengkel Plaza Toyota Pemuda Jakarta Timur, Jumat (23/10/2015).

Saiful menambahkan, pada panel tersebut ada gambar berbentuk dispenser SPBU, yang di salah satu sisinya, bagian kanan atau kiri terdapat penunjuk lokasi lubang tangki berbentuk segitiga. Posisi lubang tangki pada mobil, disesuaikan dengan posisi segitiga, di sisi kanan atau kiri simbol SPBU.
“Dengan hanya melihat simbol tersebut pada panel indikator, pengemudi tidak harus sibuk melihat spion, atau bahkan membuka pintu dan turun dari kendaraan untuk memastikan posisinya. Maka dari itu baiknya pahami kendaraan baik-baik, agar bisa memudahkan opersional,” ujar Saiful.

Nah agar tidak salah saat ingin mengisi bensin, Anda dapat mencari tau letak posisi tangki pengisian besin dari petunjuk bensin (fuel meter) di speedometer. Anda dapat melihat logo pengisi bensin, disini biasanya akan  terdapat panah penunjuk posisi corong tangki bensin.

Ada mobil yang dibuat dengan posisi mulut tangki di sebelah kiri, ada juga yang di sebelah kanan.Untuk mengetahuinya, Otolovers sebenarnya tak perlu turun dari mobil, tetapi cukup melihat di panel indikator atau instrument cluster yang berada di depan pengemudi atau dibelakang setir.

“Mengetahui posisi lubang pengisian tangki bensin sangat gampang. Cukup liat speedometer dan penunjuk bensin. Biasanya di sebelah logo mesin pom bensin terdapat panah penunjuk posisi corong tangki bensin,” kata Mus Mulyadi, Kepala Bengkel Autopit di daerah Kalimalang, Jakarta Timur.

Sederhananya jika panah penunjuk berada di sebelah kanan, ini artinya  lubang tangki bensin pada mobil yang sedang Anda gunakan ada di sebelah kanan. Sedangkan sebaliknya jika posisi ada di sebelah kiri,ini juga berarti bahwa lubang tangki bensin ada di sebelah kiri.

Nah dengan melihat speedometer ini, masalah kebingungan mencari posisi lubang tangki (posisi tangki) bahan bakar dapat teratasi.  Bagi Anda yang membeli mobil baru disarankan pula untuk selalu membaca buku panduan pengguna. Buku panduan ini akan membuat Anda lebih memahami mobil yang Anda kendarai dan ketahui fitur – fitur yang mungkin tersembunyi dan belum Anda ketahui sebelumnya.

Sumber : Metrotvnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *