Pintu Tidak Tertutup Rapat Menjadi Salah Satu Penyebab Kecelakaan

Toyota Samarinda : Pintu Tidak Tertutup Rapat Menjadi Salah Satu Penyebab Kecelakaan. Kecelakaan di jalan raya dapat disebabkan oleh banyak faktor baik dari pengendara, kondisi jalan serta factor-faktor lainnya. Kecelakaan mengemudi pada umumnya disebabkan oleh faktor manusia sebanyak 80%, sementara 20% disebabkan oleh faktor alat, lingkungan, sistem kerja dan bencana alam. Pertumbuhan jalan tidak sebanding dengan pertumbuhan kendaraan.
Penyebab Kecelakaan

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kecelakaan adalah human error atau kelalaian. Contoh kelalaian yang sering dilakukan adalah tidak menutup pintu mobil dengan rapat. Bentuk kelalaian satu ini tentunya sangat membahayakan bagi penumpang.

Kurang rapatnya menutup pintu mobil, hal ini sering terjadi dan banyak kita temui di jalan. Disadari atau tidak, kejadian seperti ini sangat membahayakan keselamatan penumpang yang duduk di sebelah pintu yang tidak tertutup rapat.

“Ada daya dorong ketika kendaraan berbelok. Jadi, pintu bisa terdorong dan terbuka jika tidak tertutup secara rapat. Turbulensi udara yang masuk melalui pintu yang tidak tertutup rapat juga sangat membahayakan,” ujar Foreman Toyota Auto2000 cabang Kalimalang, Slamet Haryadi.

“Pintu yang tidak tertutup secara rapat juga berpotensi mengenai pengendara lain. Terlebih ke pengendara lain yang melintas dengan cepat,” tambahnya.

Untuk keamanan lebih, saat ini sebagian mobil keluaran terbaru telah menyediakan fitur/lampu indikator yang akan memberitahu dan memberikan peringatan jika pintu dalam keadaan terbuka atau belum tertutup rapat.

Namun sayangnya di mobil versi lama, fitur ini belum dihadirkan. Oleh karena itu para pengemudi mobil lawas perlu meningkatkan kehati-hatian dan kewaspadaan. Pastikan dan periksa pintu mobil apakah sudah tertutup rapat serta dalam posisi yang benar sebelum melaju ke tempat tujuan. Selalu lakukan double check terutama ketika Anda berkendara dengan anak-anak Anda.

Pintu yang tidak tertutup rapat juga bisa Anda cek dengan cara, saat mobil berjalan, dengarkan dengan baik apakah suara-suara dari luar masuk ke dalam kabin mobil. Pintu yang belum tertutup rapat menyebabkan bagian dalam kabin bising dan terasa ada udara yang masuk.

Suara ketukan aneh juga akan terdengar ketika mobil melewati jalan bergelombang. Pintu akan bergerak-gerak dan menimbulkan bunyi-bunyian selama mobil terkocok di jalanan tak rata.

Cara lain untuk memastikan pintu mobil telah tertutup dengan benar atau belum adalah melalui lampu kabin. Posisikan di tulisan ‘door’ agar lampu dapat mendeteksi kerapatan pintu ketika ditutup. Lampu kabin akan menyala jika ada pintu yang belum tertutup rapat. Dengan cara itu, Anda bisa mengetahui bahwa masih ada pintu yang belum tertutup rapat

Para pengemudi juga harus mengingat empat kunci untuk menjadi pengemudi yang defensive. Alertness (kewaspadaan), Awareness (kesadaran), Attitude (skap, mental) serta Anticipation (antisipasi, menjaga segala kemungkinan).

Hendaknya sebelum melakukan perjalanan, lakukan Pre Trip Inspections (Pengecekkan Pada Kendaraan). Jangan melihat hal ini sebagai hal sepele dan malas untuk dilakukan. Karena hal kecil bisa berakibat fatal bila diremehkan. Seperti pengecekkan bodi luar mobil, spion, kondisi ban serta tekanan angin.

Sumber : Metrotvnews.com, http://www.toyota.astra.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *