Perhatikan Hal Berikut Ini Ketika Pasang Boks Di Atap Mobil Toyota

Toyota Samarinda : Perhatikan Hal Berikut Ini Ketika Pasang Boks Di Atap Mobil Toyota. Salah satu aksesoris yang banyak menjadi pilihan para pengguna roda empat adalah roof box atau biasa juga disebut dengan boks di atap mobil. Aksesoris ini sendiri sangat berguna bagi pengguna Toyota yang seiring membawa barang berlebih baik untuk tujuan traveling atau mudik setiap tahunnya.

Pasang Boks Di Atap Mobil Toyota
Pemasangan roofbox atau bagasi tambahan yang dipasang di atap mobil kini mulai menjadi tren. Terlebih jelang musim liburan yang membutuhkan ruang tambahan demi membawa barang yang lebih banyak.

Fungsi paling utama dari roof box atau roof rack sendiri adalah untuk membawa barang. Membawa barang sama halnya dengan menanggung beban dan jika berurusan dengan beban maka pondasi atau titik tumpu menjadi hal yang sangat penting.

Meski memiliki manfaat yang banyak, namun Anda harus berhati-hati ketika memutuskan untuk memasang roof box ini. Pasalnya  ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar penggunaan roof box dapat maksimal tanpa ada efek negatif yang ditimbulkan. Banyak merek roofbox beredar di pasaran, masing-masing menawarkan kelebihan. Namun, meski membantu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemilik agar tak menjadi bumerang.

Menurut Susanto, Marketing Manager salah satu produsen roof box di Indonesia, pemasangan roof box itu tak asal nempel. Mobil terlebih dahulu dibuat roof rail untuk kedudukan roof box. Caranya dengan membuat crossbar pada mobil. Dalam hal ini, pemasangan tak boleh sembarangan, karena crossbar termasuk vital menjadi ‘kaki-kaki’ atau tumpuan pegangan boks.

Roofrail atau semacam braket di atas kap. Untuk memasang roofbox, seharusnya didukung dengan mobil yang sudah punya roofrail, karena atap sudah didesain untuk menanggung beban. Bagi yang mobilnya tidak dilengapi roofrail, perhatikan karet atap. Biasanya, pada atap mobil terdapat semacam karet yang posisinya di bagian kanan dan kiri. Saat memasang roof rack tambahan, usahakan tidak menyentuh karet ini. Jika rusak, mobil kemungkinan besar akan bocor saat terjadi hujan.

Perlu diperhatikan juga bahwa jarak antara permukaan atap dengan roof box juga dapat menimbulkan wind noise atau suara angin yang bisa menganggu dan masuk ke dalam kabin. Tergantung dari jarak antara atap dengan roof box,  rendah atau tingginya wind noise dapat tercipta. Yang paling penting jaga mbeban barang bawaan agar tidak melebihi kekuatan atap.

“Yang terpenting itu kalau mau pasang boks (roof box) memang harus diperhatikan kedudukan claiming atau pegangan crossbar. Sebab kejadian terlepas saat mobil berjalan itu sering terjadi” ujar Susanto.

Tak hanya itu saja, bila sampai claiming atau pegangan crossbar dipasang tidak sesuai kedudukan, maka air bisa masuk ke kabin. “Kalau terlalu renggang, karet atas window akan rusak. Jadi efeknya saat hujan air akan masuk, karena posisi claiming belum sesuai dengan frame.”

Nah, sebaiknya Anda pertimbangkan dengan baik-baik sebelum memutuskan untuk pasang boks (roof boks) ini pada atap kendaraan Toyota kesayangan Anda.

Sumber : http://otomotif.news.viva.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *