Panduan CarBay untuk pengendaraan aman di malam hari

Toyota Samarinda : Panduan CarBay untuk pengendaraan aman di malam hari.

CarBay untuk pengendaraan aman di malam hari

Mari kita pertama memulai artikel ini dengan peringatan menurut peraturan undang-undang yang berlaku. Jangan pernah dan jangan pernah berkendara di malam hari bila tidak perlu. Manusia umumnya mahluk yang aktif pada siang hari, bukan malam hari, namun tidak juga berarti harus membatasi geraknya di kegelapan. Berkendara pada malam hari bukanlah hal alami bagi kita semua, karena selain tidak cocok dengan gaya hidup kita, juga dapat melibatkan faktor resiko yang sangat penting. Hampir 90 persen kemampuan berkendara kita dipengaruhi oleh jangkauan mata, dan kemampuan mata kita juga berkurang pada malam hari. Setelah matahari terbenam, kontras warna yang redup akan mengurangi kemampuan penglihatan kita, dan sebagai akibatnya akan mengurangi kemampuan berkendara. Tidak dapat disangkal bahwa berkendara di malam hari memang menyenangkan, dengan lingkungan sunyi, dan langit indah serta jalanan yang lenggang, namun juga berarti lebih banyak mengundang bahaya yang kadang tak dapat dihindari. Meskipun demikian, janganlah risau, karena kami di CarBay akan memberikan anda tips menakjubkan yang dapat membuat perjalanan malam anda lebih aman dan sangat menyenangkan.

 

light

 

Jangan biarkan cahaya terhalangi:

 

Peranan lampu besar dalam pengendaraan malam sangatlah penting, anda memerlukan sumber cahaya – termasuk cahaya buatan manusia. Sebelum menyentuh jalan, pastikan lampu besar, lampu kabut anda dalam kondisi baik. Periksalah juga lampu rem dan lampu indikator dapat difungsikan dengan sempurna. Jika salah satu lampu tersebut tidak berfungsi atau kotor atau bahkan meredup dan tidak berfungsi dengan prima – maka pastikan anda menggantinya dengan lampu baru sehingga tidak akan menghambat anda dan pengemudi lainnya di jalan.

 

clean

 

Jendela dan penghapus kaca/windscreen bersih dan terawat:

 

Jendela dan penghapus kaca yang bersih memainkan peranan penting dalam pengendaraan malam. Pencahayaan yang kurang telah membatasi penglihatan kita, maka janganlah ditambah lagi dengan penghapus kaca yang kotor dan bernoda, karena hal tersebut akan semakin membatasi penglihatan, dan menambah resiko kecelakaan. Bersihkanlah jendela dan penghapus kaca sebelum anda memulai perjalanan anda, dan pastikan juga pembersihnya selalu terisi dan penghapusnya dapat bekerja dengan baik- pada kondisi medan apapun.

 

rear

 

Sesuaikan cermin eksterior dan belakang:

 

Cermin kotor dan bernoda, dapat memantulkan cahaya dan menyebabkan silau yang dapat menghambat penglihatan anda. Karenanya, pastikan bahwa kaca eksterior anda bersih dan terpasang pada sudut yang tidak memantulkan cahaya ke mata anda. Fenomena yang sama juga berlaku untuk cermin tampilan belakang. Mobil-mobil modern masa kini dilengkapi dengan pengaturan siang dan malam yang mampu mengatur cermin tampilan belakang pada sudut yang tidak memantulkan cahaya sehingga menghindari silau. Maka pastikan kedua cermin tersebut dan ORVM disesuaikan posisi sudutnya sehingga tidak memantulkan pencahayaan silau langsung ke mata pengemudi.

 

BMW Laser

 

Terangi jalan anda dengan pencahayaan yang sesuai:

 

Anda mungkin mengira bahwa mengemudi dengan pencahayaan maksimal sepanjang jalan adalah yang terbaik. Kenyataannya bukanlah demikian, pengemudi perlu selalu berhati-hati terhadap intensitas cahaya lampu besar pada lokasi yang berbeda. Ketika anda harus menempuh lalu lintas padat atau lokasi padat, hindari penggunaan pencahayaan terang. Ketika ada kendaraan yang mendatangi anda dari arah depan, redupkan lampu anda. Gunakan kelipan lampu sebagai pengganti klakson, terutama bila berkendara pada wilayah kota. Usahakan jangan berhadapan langsung dengan cahaya kendaraan yang lain. Cahaya terang dapat mengganggu konsentrasi dan menghambat penglihatan anda. Berkonsentrasilah pada jalur putih jalanan dan hindari menatap langsung pada mobil-mobil.

 

anti

 

Pengendaraan aman:

 

Anda tidak hanya harus waspada terhadap pengemudi mabuk dan pengemudi ugal-ugalan yang ingin membalap dan berlatih bermanuver, namun anda juga harus mewaspadai diri anda sendiri juga. Jangan pernah berkendara di malam hari bila anda sedang lelah atau sedikit pusing. Tertidur di belakang setir bahkan untuk beberapa detik, cukup untuk membahayakan diri anda dan orang lainnya. Bila anda harus menempuh perjalanan jauh, beristirahatlah yang cukup dan lanjutkan perjalanan hanya bila anda telah sungguh-sungguh tersadar dan terjaga. Anda pun juga dapat memilih kaca anti-pantul. Kaca-kaca tersebut dapat memberikan kenyamanan berkendara di malam hari, meningkatkan daya pandang, mengurangi silau dan meningkatkan waktu refleks anda.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut sebelum memulai perjalanan anda, maka anda pun dapat berkendara dengan aman dan dapat menikmati waktu berkendara anda. Pastikan anda tidak melebihi kecepatan yang telah ditentukan, meskipun jalanan tersebut lenggang. Berhati-hatilah selalu dan selamat berkendara!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *