Nilai – Nilai Plus Velg Alloy Bagi Mobil Toyota

Toyota Samarinda : Nilai – Nilai Plus Velg Alloy Bagi Mobil Toyota. Mengganti velg merupakan salah satu jenis modifikasi yang umum dilakukan pemilik mobil.
Velg Alloy

Modifikasi tersebut dapat membut mobil seakan memiliki wajah baru dan tampil lebih sporty. Namun mengganti velg bukanlah sekedar memilih motif, ada beberapa faktor penting lain yang perlu diperhitungkan. Salah perhitungan dapat membuat mobil tersebut tidak nyaman dikemudikan, menjadi boros, merusak kaki-kaki, atau bahkan menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu jika Anda memutuskan mengganti velg standard dengan model aftermarket, jangan terburu nafsu melihat model yang ditawarkan

Tren velg saat ini sudah mulai beralih ke alloy. Kini banyak produsen yang lebih memilih membuat velg alloy dibanding velg kaleng. Bagi konsumen, penggunaan velg alloy memiliki beberapa manfaat yang tidak didapatkan pada velg lainnya.Saat ini pabrikan mobil lebih memilih menggunakan velg alloy pada mobil baru, baik sebagai perlengkapan opsional maupun standar. Alloy adalah kombinasi dua atau lebih elemen dengan salah satu elemennya adalah logam dan hasilnya memiliki property metalik.

Alloy memang dipercaya memiliki sifat yang lebih baik disbanding elemen lain. Jika digunakan sebagai bahan velg, alloy bisa memberikan banyak keuntungan. Keuntungan terbesarnya adalah unsprung yang lebih ringan.

Mobil dapat mempertahankan kontaknya dengan jalan jika beratun sprung rendah. Suspensi mobil juga dapat bereaksi lebih cepat serta dapat memperbaiki traksi atau gaya gesek maksimal yang bisa dihasilkan antara dua permukaan tanpa mengalami slip. Dengan bobotnya yang lebih ringan, didapat keuntungan turunan lainnya. Salah satunya adalah membuat kendaraan lebih hemat bahan bakar.

Memasang velg alloy pada mobil juga berfungsi untuk meringankan spare part yang bergerak. Berat spare part yang bergerak sebenarnya lebih penting untuk diperhatikan daripada spare part statis seperti as roda.

Kendaraan akan memiliki berat keseluruhan yang lebih ringan sehingga efisiensi bahan bakar bisa irit. Tak hanya itu saja, performa pengereman dan akselerasi juga akan meningkat. Pada masalah pengereman, mengapa velg alloy bisa meningkatkan performa pengereman mobil?

Alasannya adalah karena velg alloy bisa lebih efektif dalam meredam panas sehingga pengereman bisa lebih baik dan hal ini memberikan nilai plus pada faktor keselamatan di jalan bagi pengemudi mobil maupun penumpang.

Keuntungan lain dalam menggunakan velg alloy adalah pilihan ban nya bisa bervarian. Misalnya Anda memilih ban lebar, maka dapat meningkatkan respon stir dan mengurangi distorsi sudut camber.

Bahkan, ban lebar juga mengurangi rolling resistance yang nantinya berdampak positif pada peningkatan efisiensi bahan bakar dan akselerasi. Selain itu, velg alloy juga memungkinkan pengguna mobil menyesuaikan mobil dengan rem yang lebih besar.

Tak dapat dipungkiri bahwa mengganti model velg dapat merubah tampilan dan meningkatkan keanggunan serta gaya sebuah mobil. Untuk itu sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan selera, seperti memilih aliran off road, touring, sporty atau elegance.

Saat ini di pasar aftermarket, tersedia berbagai pilihan model velg ada yang berbentuk satu bagian (one piece) hingga tiga bagian (three pieces). Namun kedua jenis velg tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Model one piece biasanya lebih tahan lama karena modelnya hadir dalam bentuk utuh. Tetapi, model ini biasanya memiliki bobot lebih berat dan memiliki pilihan motif yang terbatas. Sedangkan model three pieces unggul dalam hal komponen pengganti. Jadi bila salah satu bagian velg rusak, dapat diganti dengan yang baru. Dengan kata lain Anda tidak perlu repot mengganti seluruh roda. Selain itu, velg model 3 potong ini memiliki bobot yang ringan, sehingga dapat mendukung kinerja mesin dan mobil dapat berakselerasi lebih baik. Namun model ini tidak sekokoh model one piece.

Sumber : www.liputan6.com/otomotif, http://otomotif.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *