Merawat Wiper Mobil

Merawat Wiper Mobil

Salah satu komponen mobil yang bisa membantu visibilitas mengemudi adalah Wiper mobil, namun ketika sudah tak banyak curah hujan yang turun, wiper hanya dilihat sebagai hiasan sapu kaca dan sering terabaikan.

Jika tidak dirawat dengan baik, material rubber (karet) pada wiper akan berkurang elastisitasnya. Cuaca juga bisa merusak karet dan membuatnya mengalami getas yang nanti bisa menimbulkan baret kaca.

Perhatikanlah hal-hal yang tak boleh dilakukan pada wiper mobil Toyota Anda, berikut ini.

Jangan sampai membiarkan karet wiper yang sudah getas atau kaku untuk dipergunakan, karena bisa berpotensi merusak kaca depan mobil.

Selain itu, jangan menggunakan sembarang cairan pada air wiper dan gunakanlah brand yang terpercaya saja, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan shampo pada tabung air wiper.

Jangan pula membiarkan wiper menempel terlalu lama pada kaca mobil terutama di bawah cuaca yang panas, panas matahari yang berkepanjangan bisa menimbulkan karet wiper jadi lebih kaku.

Usahakan untuk tidak memaksakan mengganti karet wiper yang tak sesuai ukuran karena bisa menimbulkan masalah baret kaca pula.

Nah, kalau sudah begitu apa yang perlu dilakukan atau harus diperhatikan pada wiper mobil?

Pertama adalah memeriksa kondisi karet wiper secara berkala, khususnya saat musim panas tiba.

Lakukan penggantian pada karet wiper jika wiper terlihat getas atau sudah kaku, Anda juga bisa mengelap bagian karet dengan kain mikrofiber pada kondisi kering dan bisa juga menggunakan kuas.

Gunakan cairan silicon rubber untuk menjaga elastisitas karet wiper dan angkatlah tuas wiper secukupnya ketika akan parkir dalam posisi yang cukup lama di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung.

 

Sumber : http://www.toyota.astra.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *