Merawat Ban Serep Mobil Toyota

Kehadiran ban serep menjadi hal penting dalam aktivitas mengemudi Anda, terlebih saat akan melintasi medan jalan yang susah dan jarang terdapat bengkel. Ban serep merupakan salah satu perangkat keamanan mobil yang penting. Anda harus memastikan bahwa setidaknya ada satu ban serep di dalam mobil sebelum melakukan perjalanan jauh. Selain itu, memeriksa kondisi ban serep juga perlu dilakukan. sehingga ketika dibutuhkan, Anda akan memiliki ban serep yang layak pakai. Apa saja sih yang perlu diperhatikan saatmemeriksa kondisi ban serep? Berikut ini ulasannya.

Memeriksa Tekanan Angin Ban

Lakukan pemeriksaan ini minimal satu bulan sekali dengan menggunakan alat pengukur tekanan ban. Jika Anda merasa bahwa tekanannya kurang, segera lakukan pengisian udara di pom bensin, bengkel atau tempat lain yang menyediakan servis pengisian udara. Karena ban serep jarang digunakan, Anda bisa menaikkan tekanan ban hingga 2 psi di atas spesifikasi pabrik. Hal ini untuk menghindari pengempisan karena penguapan di tempat penyimpanan ban.

Pastikan Anda Memiliki Peralatan Pengganti Ban Yang Lengkap

Periksa apa saja alat yang diperlukan untuk mengganti ban mobil Toyota Anda. Ada beberapa jenis mobil yang membutuhkan peralatan khusus untuk mengganti ban tersebut. Peralatan dasar untuk mengganti ban mobiladalah dongkrak, kunci roda dan alat bantu lainnya. Pastikan bahwa semua peralatan dasar ini lengkap dan ada di dalam mobil untuk Anda gunakan setiap saat.

Jaga Kondisi Ban Serep

Selain menjaga tekanan ban, Anda juga harus memastikan kondisinya selalu bagus. Jika sudah terdapat banyak tambalan, segera ganti dengan yang baru. Apabila Anda ingin menghemat tempat penyimpanan dan mengurangi berat beban, Anda bisa memilih ban donat sebagai alternatif ban serep. Ban ini memiliki ukuran yang cukup kecil dan bisa digunakan dalam jangka pendek saja. jarak yang disarankan untuk ditempuh mobil menggunakan ban donat hanya 80 km dengan kecepatan mobil maksimal 80 km/jam. Jangan menggunakan ban donat terlalu lama dan sering, hal ini bisa membahayakan aktivitas mengemudi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *