Mengenal Kinerja Teknologi Mesin VVT-i, Serta Keuntungan Bagi Pemilik Mobil

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Mengenal Kinerja Teknologi Mesin VVT-i, Serta Keuntungan Bagi Pemilik Mobil.

Teknologi Mesin VVT-i

Teknologi mesin VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) merupakan teknologi yang dikembangkan oleh pabrikan Toyota. Teknologi ini mulai diperkenalkan mulai tahun 1996 silam dan mulai diterapkan pertama kali diindonesia pada tahun 2003. beberapa mobil yang dibekali mesin berteknologi VVT-i adalah Toyota Vios mulai tahun 2003, Toyota Camry (2003), Toyota Corolla Altis (2004), Toyota Kijang Innova (2004), Toyota Avanza S VVT-i (2004), Toyota Fortuner (2005) dan Toyota Yaris (2006).

Kinerja Mesin VVT-i

Sedikit penjelasan tentang teknologi mesin VVT-i menurut situs resmi Toyota. Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) pada dasarnya bekerja mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan serta kondisi mengemudi. Mekanisme tersebut akhirnya akan membuahkan konsumsi BBM menjadi lebih efisien serta emisi gas buang menjadi lebih rendah.

Cara kerja teknologi VVT-i cukup sederhana, yaitu untuk menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) akan menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle (akselerasi) dan temperatur air.

Agar target valve timing senantiasa terwujud, sensor posisi crankshaft memberikan sinyal yang menjadi respon koreksi.

Sistem VVT-i ini akan mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udara. Disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung untuk menghasilkan torsi optimal di tiap putaran dan beban mesin.

Keuntungan menggunakan teknologi mesin VVT-i

Semua mesin dengan teknologi VVT-i memiliki kelebihan tenaga yang jauh lebih optimal ketimbang  dengan teknologi yang diterapkan sebelumnya. Teknologi ini juga diklaim hemat konsumsi bahan bakar, serta ramah lingkungan. Keuntungan lainya yang bias didapatkan adalah biaya peliharaan kendaraan jadi lebih minim, karena sudah tidak memerlukan kegiatan tune-up ataupun penyetelan klep dan sebagainya.

Meskipun demikian, namun sangat ditekankan bagi pemilik mobil untuk melakukan perawatan berkala secara rutin, dan sebaiknya jangan sembarangan dalam memilih bengkel mobil. Pastikan anda membawa mobil anda kebengkel yang tepat sebab mesin ini memerlukan komputer diagnosa khusus yang hanya dimiliki dan disediakan di ebngkel resmi Toyota.

Beberapa varian dari sistem teknologi mesin VVT-i diantaranya VVTL-i (Variable Valve Timing dan Lift-intelligence), Dual VVT-i, VVT-iE (Variable Valve Timing-intelligent), dan Valvematic oleh motor listrik.

sudah saatnya konsumen memiliki mobil dengan gas buang yang ramah lingkungan, dan pilihan tersebut sudah ada didepan mata diantaranya adalah beberapa mobil Toyota yang menggunakan mesin dengan teknologi VVT-i seperti Avanza, Yaris, Kijang Innova, dan sebagianya.

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *