Mengenal Hybrid Synergy Drive Dari Toyota

Mengenal Hybrid Synergy Drive Dari Toyota

Hybrid Synergy Drive adalah suatu teknologi mobil hybrid yang dikembangkan oleh pabrikan otomotif Toyota, dan sudah diterapkan di beberapa produk Toyota seperti Auris, Prius, Highlander Hybrid, Camry Hybrid, Estima, Alphard, Lexus CT, Lexus RX 400h/RX 450h, Lexus GS 450h, Lexus LS 600h/LS 600hL, dan Lexus HS 250h.

Hybrid Synergy Drive merupakan penyempurnaan dari Toyota Hybrid System (THS) yang sudah digunakan di Toyota Prius generasi pertama, 1997 sampai 2003. Generasi kedua, yang disebut THS II, diperkenalkan di Prius generasi berikutnya, tahun 2004. Untuk Lexus, namanya diganti menjadi Lexus Hybrid Drive, mulai tahun 2006.

Sistem Lexus Hybrid Drive mempunyai tujuan untuk meningkatkan tenaga dan performa kendaraan dengan efisiensi yang baik pula. Teknologi ini memadukan antara listrik dan bensin sebagai bahan bakar penggerak mesinnya.

Kelebihan pada mesin tipe ini, konsumsi bbm sangat irit karena mesin hanya bertugas menggerakkan generator saja, sementara mobil bergerak dengan tenaga listrik. Namun kekurangannya, performa mobil tidak bisa diharapkan. Yang kedua, sistem hybrid paralel. Mesin bensin pada tipe paralel bertugas sebagai penggerak utama, yang dibantu oleh motor listrik. Kelebihan sistem paralel, performa mobil dapat diandalkan, namun konsumsi bbm tidak akan seirit tipe series.

Toyota menambahkan Power Split Device, yang berfungsi secara konstan mengatur rasio tenaga mesin bensin dan motor listrik ke roda, sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Sehingga, antara mesin bensin dan motor listrik bisa bersinergi untuk menggerakkan mobil.

Pada tekonolgi ini pabrikan asal jepang ini menanamkan Inventer sebagai perubah arah listrik searah dari batrai menjadi arus bolak-balik agar dapat menggerakan motor listrik dan mengubah arus bolak-balik dari power unit untuk menjadi arus searah untuk mengisi batrai.

Yang kedua yaitu power unit untuk menghasilkan tenaga yang responsive, efisien bahan bakar dan ramah lingkungan. Batrai yang lebih ringan yang terbuat dari nikel-metal hydride (Ni-MH) dari mobil listrik pada umumnya tapi dapat menghasilkan tenaga tiga kali lebih besar untuk menambah perfoma pada mesin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *