Gantilah Komponen Ini Setelah Membeli Mobil Bekas

Gantilah Komponen Ini Setelah Membeli Mobil Bekas

Kebanyakan orang memilih untuk membeli mobil bekas dari pada baru. Alasan utamanya adalah karena kondisi keuangan yang belum memadai dan harga mobil yang cenderung mahal. Sebenarnya, mobil bekas pun bisa memiliki kondisi yang sama bagusnya dengan mobil baru. Tipsnya Anda harus benar-benar teliti untuk memilih mobil dengan komponen bagus dan memberikan treatment sesaat setelah membeli mobil bekas.

Treatment yang harus dilakukan adalah mengganti beberapa komponen mobil. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa mendapatkan kemungkinan bahwa mobil bekas terasa seperti mobil baru. Nah, berikut ini adalah beberapa komponen yang wajib ganti setelah membeli mobil bekas.

Oli merupakan komponen yang harus diganti setelah membeli mobil bekas. Ada beberapa oli yang bisa Anda ganti sesaat setelah mendapatkan mobil tersebut. Oli yang wajib Anda ganti adalah oli transmisi, oli mesin, oli power steering, oli gardan, dan oli rem. Hal ini penting dilakukan karena Anda tidak tahu sudah berapa lama oli tidak diganti sebelum mobil jatuh ke tangan Anda. Anda bisa melihat kondisi oli dengan mengecek kekentalan, warna dan kotoran yang ada pada oli. Walapun terlihat masih bisa dipakai dan kondisinya bagus, ada baiknya Anda ganti saja untuk menghindari ketidaknyamanan.

Komponen berikutnya yang harus diganti adalah aki. Mobil bekas cenderung memiliki aki soak yang bisa membuat mobil tidak kuat starter dan mengeluarkan suara mengganggu. Mengganti aki bisa memperlancar jalannya mesin dan memberikan kenyamanan lebih saat bekendara. Cara penggantiannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu membeli aki baru dan mengganti yang lama. Jika kurang berpengalaman, Anda bisa menyerahkan pekerjaan ini pada pihak bengkel.

Terakhir adalah mengganti filter udara yang berguna untuk menghindarkan bagian mesin dari debu. Jika mobil memiliki filter udara yang bagus, maka udara bisa mengalir bebas ke dalam mesin dan laju kendaraan jadi tak terganggu. Penggantian filter udara juga cukup mudah dilakukan. Anda bisa memanfaatkan buku panduan untuk mendapatkan instruksi penggantian filter udara. Jika tak mau repot, Anda bisa memanfaatkan jasa bengkel.

Selain ketiga komponen di atas, ada baiknya Anda juga melakukan perawatan tambahan. Misalnya adalah spooring dan balancing agar sudut roda depan dan putaran roda kembali stabil. Anda juga harus melakukan pemeriksaan menyeluruh pada komponen utama mesin mobil seperti busi dan pendingin udara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *