Manfaat Panaskan Mesin Mobil Sebelum Pergi

Toyota Samarinda : Manfaat Panaskan Mesin Mobil Sebelum Pergi. Saat ini mobil telah dilengkapi dengan fitur-fitur berteknologi tinggi.
Manfaat Panaskan Mesin

Sebagai salah satu kendaraan yang telah menjadi kebutuhan utama sebagian orang, mobil di desain untuk semakin memudahkan manusia. Hal itu justru membuat banyak orang berasumsi bahwa mesin yang canggih tidak perlu lagi dipanaskan sebelum digunakan.

Sayangnya, asumsi demikian tidak benar. Bahkan bagi mobil yang telah memakai sistem injeksi yang bisa membaca perubahan suhu, mesin masih membutuhkan sirkulasi pelumas setelah tidak bekerja dalam waktu lama.

Oleh karena itu, caranya adalah dengan memanaskan mesinnya terlebih dahulu sebelum mobil diajak beraktifitas. Hanya karena mobil menggunakan mesin injeksi bukan berarti Anda bisa langsung menyalakan mesin dan menggunakannya begitu saja.

Hampir semua pengendara mengerti bahwa sebelum mobil/motor dijalankan, mesin harus dipanaskan.

Pemanasan mobil sering dilakukan oleh pemilik mobil untuk menormalkan kinerja mesin sebelum melakukan perjalanan terutama pagi hari saat suhu udara cukup rendah atau dingin, beberapa mobil memang perlu dipanaskan terutama untuk mobil-mobil jaman dulu yang tidak memiliki teknologi mesin sesempurna sekarang.

Memanaskan mesin mobil/motor tidak perlu terlalu lama, sebenarnya 5 menit cukup. Biasanya ditandai dengan jarum temperatur yang menunjukkan posisi 1/2. Namun yang terpenting, panaskan mesin secara rutin.

Bila mesin tidak beroperasi dalam waktu yang agak lama, biasanya oli berada di panci oli. Itulah sebabnya pemanasan pada akhirnya membantu mencegah keausan mesin. Dengan pemanasan, Anda memberi kesempatan pada oli untuk bergerak dari panci oli dan masuk kembali ke bagian mesin yang perlu dilumasi.

Karburator pada mobil tidak bisa menyesuaikan suhu secara otomatis. Jadi, Anda perlu memanaskan mesin meskipun tidak terlalu lama. Pemanasan mesin hanya membutuhkan waktu 15 hingga 30 detik setelah mesin dihidupkan.

Proses ini digunakan untuk memastikan pelumas bersirkulasi dengan baik hingga bisa mencapai temperature optimal. Adanya sirkulasi oli ini akan membuat mesin tetap awet dan tidak cepat aus. Bahkan, durabilitas komponen mesin dijamin bakal tahan lama.

Jika Anda rajin memanaskan mobil, bisa dipastikan performa mobil bisa selalu terjaga dan kinerja mesin akan lebih maksimal. Apalagi memanaskan mobil tidak membutuhkan waktu lama, jadi Anda tidak perlu khawatir akan telat bekerja atau telat mendatangi acara lainnya.

kondisi mesin yang masih dingin mengakibatkan suplai bahan bakar harus lebih besar agar tetap terjadi pembakaran saat dipakai berjalan. Sehingga Pembakaran yang tidak sempurna bukan hanya mengakibatkan tenaga mesin kurang optimal. Tapi juga membuat mesin lebih boros bahan bakar. Hal ini sudah jelas .

Melakukan pemanasan mesin mobil tidak bisa dianggap sepele karena mobil yang tidak pernah dipanaskan alias langsung digeber begitu mesin dinyalakan akan membuat performanya menurun. Bahkan, komponen-komponen mobil pun bisa terimbas dampak buruknya.

Pemanasan mobil juga bermanfaat pada kelistrikan mobil dimana pada komponen kelistrikan seperti aki mobil, regulator dan alternator mobil yang membutuhkan aliran listrik sebelum bekerja. Hal ini terutama pada aki mobil yang membutuhkan produksi listrik dari mesin mobil dan menyimpan listrik dalam aki, kemampuan kemampuan menyimpan listrik aki mobil jaman dahulu juga berbeda dengan aki mobil jaman sekarang yang memiliki kemampuan lebih baik dalam menyimpan listrik.

Seperti yang telah dijelaskan, memanaskan mobil tidak boleh terlalu lama karena memanaskan mobil selama bermenit-menit juga berdampak buruk bagi mobil.

Semoga dengan adanya artikelĀ Manfaat Panaskan Mesin Mobil Sebelum Pergi tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Sumber: www.liputan6.com/otomotif, http://otomotif.kompas.com<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *