Mabuk Perjalanan, Ini Tips Untuk Mencegahnya!

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Tips Mencegah Mabuk Perjalanan.

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

Bagi sebagian orang mabuk perjalanan atau istilah kerennya motion sickness merupakan hal yang tidak bisa dihindari saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil. Kalau sudah begini momen perjalanan Anda yang mestinya menyenangkan justru akan berbalik menjadi tidak menyenangkan. Jika ada salah satu anggota keluarga Anda yang sering mengalami motion sickness, tips berikut akan sangat membantu untuk mencegah mabuk perjalanan.

Pilih Tempat Duduk Yang Tepat
Untuk Anda yang mudah mabuk usahakan jangan duduk di kursi yang terletak tepat di atas roda. Sebaiknya pilih tempat duduk di depan atau di samping sopir dan hindari duduk di kursi paling belakang. Semakin ke belakang Anda duduk efek goncangan mobil karena melewati lubang, gundukan, atau tikungan akan semakin terasa. Akibatnya, Anda akan lebih cepat pusing dan mual hingga akhirnya muntah.

Buka Jendela Kaca Mobil 
Tujuan membuka jendela mobil adalah untuk mensirkulasikan udara di kabin. Dengan begitu udara yang kotor, panas dan bau di dalam mobil akan tergantikan dengan udara segar. Udara segar yang Anda hirup tersebut membuat Anda bernafas dengan baik sekaligus membantu Anda menghilangkan mabuk perjalanan. Selain dengan membuka jendela Anda juga dapat menghirup udara segar yang berasal dari AC mobil.

Hindari Mencium Bau Menyengat 
Bau yang menyengat di dalam mobil dapat menimbulkan mual. Untuk itu hindari menggunakan minyak wangi atau pengharum kendaraan dan membawa benda-benda yang beraroma tajam seperti buah durian saat melakukan perjalanan dengan mobil. Selain itu, menghirup asap rokok selama dalam perjalanan juga dapat membuat Anda merasa mual. Usahakan jangan merokok, menghisap asap rokok atau duduk di dekat perokok selama perjalanan.

Minum Obat Anti Mabuk
Satu jam sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya minum obat anti mabuk jenis antihistamin yang dijual bebas di warung, toko dan apotik. Jangan minum obat setelah merasa mual karena obat tersebut memerlukan waktu untuk diserap ke dalam aliran darah. Jika Anda ingin yang lebih alami, Anda bisa mengkonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari jahe. Jahe terbukti sangat efektif mengurangi mual-mual karena mabuk perjalanan.

Jangan Membungkuk
Membungkuk atau melihat kebawah secara tiba-tiba saat mobil sedang melaju dapat menyebabkan pusing. Untuk itu hindari kegiatan-kegiatan seperti membaca buku, bermain gadget, berkirim pesan dengan handphone, dan lain-lain. Lebih baik Anda mendengarkan musik atau mengobrol dengan teman untuk mengusir rasa bosan selama perjalanan.

Sumber gambar : www.vemale.com
Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *