Tips Agar Kopling Mobil Toyota Anda Tahan Lama

Biasanya untuk mobil yang belum genap berumur 100 ribu km tempuh tidak memiliki banyak masalah dengan kopling mereka, namun jika hal ini terjadi kemungkinan disebabkan oleh cara berkendara Anda yang kurang tepat atau medan yang sering Anda lalui sehingga dapat mengakibatkan kopling tidak bertahan lama. Sangat disayangkan jika mobil yang baru berumur 60 ribu atau 80 ribu kilometer tempuh sudah harus ganti kopling mobil. Untuk mengantisipasi hal ini berikut tips agar kopling mobil Toyota Anda bertahan lama.

1. Tidak meletakkan kaki pada pedal kopling secara terus – menerus pada saat mobil jalan karena hal ini bisa menyebabkan plat kopling pada clutch cover menjadi aus dan release bearing menjadi cepat rusak.

2. Gunakan hand rem pada saat tanjakan. Hal yang biasa dilakukan pengemudi pada saat jalan beriringan di tanjakan atau antri di tanjakan yaitu menahan mobil dengan setengah kopling, padahal hal ini justru membuat kampas kopling akan cepat tipis dan berumur lebih pendek. Disamping itu dapat mengakibatkan permukaan pressure plate pada cover clutch dan permukaan roda gila mengikis. 3. Tidak melepas kopling dengan cara kasar, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan plat kopling sehingga plat kopling tidak rata dan mengakibatkan kopling bergetar pada saat terhubung.

4. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kemungkinan terjadi kebocoran minyak kopling untuk mobil dengan minyak kopling, terutama perhatikan master kopling bawah dari kebocoran minyak kopling karena pada saat Anda menginjak pedal kopling beban berat bertumpu pada master kopling bawah.

5. Jangan lupa untuk memeriksa setelan pedal kopling, terutama untuk mobil dengan tali kopling.

6. Segera :  ganti seal crankshaft belakang ketika terjadi kebocoran oli pada sambungan mesin dan transmisi, karena jika dibiarkan dapat menyebabkan kopling selip oleh oli. 7. Saat kaki Anda mulai sering terasa pegal akibat kopling berat, segera periksa tekanan pedal kopling ketika servis mobil.

Semoga tips ini bermanfaat untuk merawat kopling mobil Toyota Anda agar bertahan lama.

 

Sumber : http://www.toyota.astra.co.id/

Silahkan Share ...Share on Google+Share on FacebookTweet about this on Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *