KONSUMSI BBM INNOVA BENSIN DAN DIESEL

Toyota Samarinda : Sebagai masyarakat awam masih sering mengalami kebingungan ketika dihadapkan dengan pilihan Kijang Innova diesel dan bensin jika dilihat dari sisi bbm dan performanya. Pada umumnya, Toyota Kijang Innova mengkonsumsi bahan bakar sekitar 8-10 km/liter. Kebimbangan ini semakin dirasakan ketika varian diesel menawarkan torsi yang besar dengan konsumsi bbm innova diesel yang lebih irit.

Mesin Diesel Toyota Kijang

Toyota dapat dikatakan menggunakan mesin diesel yang kuno dan irit, namun juga berisik dan memiliki getaran yang besar. Selain itu, Toyota Kijang dengan mesin diesel ketika itu masih kalah pamor daripada Isuzu Panther. Tetapi, masyarakat juga sudah dapat menerima kehadiran Toyota dengan mesin diesel tersebut. Dengan mempensiunkan mesin 2KD-FTV dan beralih pada 2GD-FTV ketika merilis Innova Reborn. Innova dengan generasi terakhir telah disenjatai dengan Variable Nozzle Turbocharger (VNT) serta intercooler. Meskipun kapasitas mesin yang berkurang 100 cc, namun tenaga dan torsinya melonjak hingga 149 PS dan torsi 342-360 Nm.

Mesin Bensin Toyota Kijang

Perkembangan pesat teknologi pada mesin diesel ternyata tidak diimbangi inovasi pada varian mesin konsumsi bbm innova bensin yang juga menjadi andalan penjualan Kijang Innova. Output dari mesin Innova bensin memang kalah dari diesel yakni 139 PS dan 183 Nm. Kalah dalam tenaga, Innova bensin juga kalah torsi yang cukup merisaukan. Seperti yang diketahui, torsi besar akan menghasilkan daya yang ringan, jadi tidak perlu berusaha banyak agar dapat akselerasi awal.

Konsumsi bbm Innova Diesel cenderung relatif lebih irit daripada Bensin, tapi juga harus dikompensasi dengan harga yang relatif mahal. Namun disisi lain, resale value Innova Diesel cenderung relatif lebih baik daripada versi bensin. Sehingga Toyota berusaha memberikan solusi atas keluhan mobil diesel dengan getarannya besar dan lari yang kurang serta bising. Pada akhirnya Toyota menciptakan mesin 2KD-FTV 2,5 liter dan konsumsi bbm innova bensin yang lebih irit dan dengan teknologi common rail dan turbocharger pada Kijang Innova.

Cara Hemat Konsumsi BBM Innova Bensin dan Diesel

  • Pemakaian oli

Sebagian diantaranya mengaku konsumsi bbm innova bensin cukup boros. Dari banyak pengguna Innova, khususnya Innova dengan generasi awal sebelum masa euro 2 dan juga menggunakan mesin yang VVT-i mengeluhkan akan konsumsi bbm yang dengan rata-rata 1 liter untuk menempuh 6-7 kilometer. Putaran mesin atau Rpm merupakan faktor yang juga mempengaruhi konsumsi bbm innova bensin tersebut. Apabila kendaraan dapat bertransmisi secara manual, pola pindah gigi juga sangat mempengaruhi.

Pindah gigi di putaran mesin yang terlalu tinggi akan sangat boros. Yang tepat yakni lakukan pindah gigi pada putaran mesin dengan torsi paling tinggi. Hal tersebut dapat dibaca pada grafik torsi. Namun, masing-masing mobil memiliki karakter yang berbeda.

Hal ini cukup berbeda dengan transmisi otomatis pada jenis mobil dengan bensin. Pada saat menginjak gas secara perlahan membuat bahan bakar menjadi ekonomis. Hal tersebut dikarenakan perputaran mesin tinggi, kemudian langsung diperintahkan untuk pindah gigi.

  • Tuning Ringan Pada Mesin

Penggantian busi non standard merupakan pilihan pada mesin dengan konsumsi bbm innova bensin yang lebih hemat pilihan keluarga dengan mesin TR-FE (1 & 2TR-FE).  Selain itu, pada aplikasi Ground Cables yang tidak secara langsung berhubungan efisiensi dengan BBM, namun juga Ground Cables yang membantu untuk mensinkronkan gerakkan pada pedal gas dan Throttle mesin. Hal ini membuat pengemudi menjadi lebih mudah dalam menentukan derajat pada tekanan pedal gas.

Anda dapat mempelajari cara merawat serta menghemat bahan bakar dengan mobil dengan jenis konsumsi bbm Innova bensin dengan tepat di dealer Graha Toyota Samarinda. Kunjungi juga www.toyotadisamarinda.com yang memberikan banyak tips perawatan mobil Toyota. Dealer Graha Toyota Samarinda merupakan dealer resmi Toyota yang berada di Samarinda dan menjadi solusi untuk segala urusan Toyota.

Sumber : https://auto2000.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *