Kompetisi Toyota Eco Youth (TEY) Ke-10 Diikuti Lebih dari 500 SLTA di Indonesia

Toyota Samarinda : Kompetisi Toyota Eco Youth (TEY) Ke-10 Diikuti Lebih dari 500 SLTA di Indonesia.

Kompetisi Toyota Eco Youth (TEY) Ke-10

Seperti tahun sebelumnya, pada tahun 2016 ini Toyota menyelenggarakan program Toyota Eco Youth (TEY) ke-10. Jumlah peserta TEY dari tahun ke tahun terus meningkat. Buktinya, pada penyelenggaraan TEY yang ke 10 ini, telah tercatat sebanyak 539 SMA dan SMA yang berasal dari 27 provinsi di Indonesia ikut berpartisipasi.

Jumlah tersebut melampaui target yang diberikan oleh pihak Toyota sendiri. Sebelumnya, pada tahun 2015 tercatat sebanyak 438 SLTA ikut berpartisipasi. Pencapaian yang sangat baik tersebutu tidak hanya jumlah pesertanya saja melainkan juga proposal yang masuk.

Proposal yang masuk dalam TEY ke-10 mencapai angka 2.534 proposal yang berasal dari dua ketegori yang berbeda, science dan juga social movement. Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2015 yang lalu yang tercatat 1.709 proposal.

Hiroyuki Fukui selaku President Director PT Toyota-Astra Motor menyatakan apresiasinya terhadap antusias para pelajar SMA dan SMK yang turut serta dalam kompetisi TEY ke-10. Fuki mengatakan jika hal tersebut sangatlah bagus karena bisa dibilang semakin banyak pelajar yang akan menjadi generasi penerus yang makin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Fuki juga menyebutkan jika Toyota akan terus mendukung dan berkontribusi untuk menumbuhkan semangat peduli lingkungan pada semua masyarakat di Indonesia, khususnya untuk para generasi muda. Tidak lupa Fukui mengucapkan selamat kepada pemenang yang telah diseleksi dengan ketat.

Acara Awarding Ceremony TEY yang ke 10 berlangsung di Sasana Krida, TMII, Jakarta. Dari total seluruh proposal yang masuk telah diseleksi menjadi 25 finalis terbaik. Dari jumlah tersebut diambil 15 dari kategori science dan 10 untuk social. Semua finalis tersebut berhasil menyelesaikan realisasi proyek lingkungan dan sudah mendapatkan penilaian dari dewan juri yang terdiri dari manajemen Toyota Indonesia beserta dengan beberapa tokoh yang berkaitan.

Pemenang dibagi menjadi dua kategori, science dan social serta Best of The Best. Dan masing-masing juara akan mendapatkan imbalan yang setimpal. Masing-masing kategori, juara satu berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 70 juta, juara kedua adalah Rp 50 juta dan yang ketiga adalah Rp. 30 juta. Ada satu lagi Best of The Best akan mendapatkan hadiah tambahan berupa pelatihan lingkungan hidup di Jepang.

Dan dalam TEY ke-10 tersebut pemenangnya, kategori Science, SMK PGRI Karawang sebagai juara 1, SMAN 34 Jakarta juara 2, dan SMAN 1 KOBA juara 3. Sementara itu, untuk Kategori Social, SMAN 1 Blora sebagai juara 1, SMAN 19 Bandung juara 2, serta MAN Model Banda Aceh juara 3. Dan Best of the Best diraih oleh SMK PGRI Karawang.

Melalui kompetisi tersebut, sebuah konsep Ecosociopreneur yang sudah dilakukan oleh Toyota akan ditransformasikan kepada para pelajar SMA dan SMK yang akan menjadi generasi penerus. Misalnya adalah “Asuransi Sampah” yang tengah dilakukan “Eco-Hero” bernama Dr. Gamal Albinsaid. Hal ini dilakukan agar jiwa kewirausahaan yang mereka miliki juga tetap memperhatikan aspek sosial, khususnya dalam mengembangkan upaya pelestarian lingkungan secara berkelanjutan dan jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *