Kerusakan pada Kaki Kaki Mobil, Dapat anda Periksa Sendiri

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Kerusakan pada Kaki – Kaki Mobil, Dapat anda Periksa Sendiri

Komponen pada kaki kaki mobil dapat mengalami penurunan performa atau bahkan kerusakan setelah mobil digunakan untuk perjalanan jauh terutama saat sehabis melakukan mudik lebaran.

Memang banyak orang yang langsung membawa mobil mereka kebengkel untuk diservis setelah melakukan perjalanan mudik. Sebelum membawa mobil anda kebengkel, anda dapat melakukan pengecekan pada komponen kaki –kaki mobil anda sendiri dengan cara yang praktis.

Dengan melakukan pengecekan ini anda akan lebih memahami kerusakan pada kaki-kaki mobil anda.

Mengecek sendiri kerusakan pada kaki –kaki mobil anda tidaklah susah. Yang anda perlukan hanyalah dongkrak dan kedua tangan anda.

Yang pertama dilakukan adalah pemeriksaan tie rod. Setelah roda mobil terangkat, peganglah bagian kiri dan kanan ban anda. Lalu goyangkan dengan cara menekan dan menarik bannya.

Tie rod yang bermasalah adalah ketika anda menekan dan menarik, terdengar bunyi seperti besi beradu atau terasa longgar.

Yang kedua adalah memeriksa ball joint. Pengecekannya dapat anda lakukan juga dengan menggoyangkan ban.

Letakkan tangan di posisi atas dan bawah ban. Ball joint perlu diganti jika ketika anda menggoyangkannya, ban terasa longgar.

Berikutnya adalah melakukan pemeriksaan bearing. Sambil memegang per, putarlah ban searah jarum jam. Bearing yang aus akan terasa bergetar atau terdengar suara berderit.

Untuk memeriksa karet bushing arm, anda perlu menurunkan mobil dari dongkrak. Lalu tekan seperti melewati jalan berlubang. Karet harus diganti jika terdengar bunyi derit.

Yang terakhir adalah pemeriksaan shockbreaker. anda dapat mengecek apakah ada rembesan air pada shockbreaker. Jika terdapat rembesan air pada shockbreaker mobil anda, maka anda harus memperbaiki atau menggantinya.

anda juga dapat melakukan pengecekan dengan menekan mobil, mobil yang naik turun secara berlebihan ketika di tekan adalah tanda – tanda shockbreaker yang rusak.

Itulah tadi tips untuk memeriksa kondisi kaki –kaki mobil anda sendiri. Selain setelah melakukan perjalanan jauh, tips tersebut dapat anda lakukan juga sebelum melakukan perjalanan.

 

Sumber : http://www.toyota.astra.co.id/

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *