Kenali Tanda Tanda Kampas Kopling Mobil Mulai Habis

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Kenali Tanda Tanda Kampas Kopling Mobil Mulai Habis.

Kampas Kopling Mobil Mulai Habis

Salah satu fungsi kampas kopling yaitu sebagai sarana penyalur tenaga mesin ke transmisi, alkhasil jika kampas kopling sudah habis, sebesar apapun mesin mobil menghasilkan tenaga maka tenaga tak kan sampai ke teransmisi.
Begitu juga jika kampas kopling sudah mulai habis, maka transfer tenaga mesin ke roda pasti akan berkurang. Selain itu kampas kopling yang mulai habis juga berefek kepada penggunaan bahan bakar pada mobil tidak efisien atau menjadikan mobil boros BBM

Kopling sendiri bertugas untuk mengatur transfer gaya putaran atau torsi dari mesin mobil ke transmisi persneling,jika pedal kopling di injak atau ditekan maka tidak akan ada gaya putaran yang dikirim dari mesin ke komponen lain dari transmisi persneling. Sebaliknya jika pedal kopling dilepaskan maka gaya putar yang dihasilkan dari mesin langsung ditransfer oleh transmisi perseneling ke roda penggerak.

tanda tanda kampas kopling mulai habis

Adapun untuk usia masa pemakaian kampas kopling hingga biasanya tergantung dari lamanya waktu pemakaian serta banyaknya jarak tempuh mobil. Semuanya tergantung faktor karakter pada pemakaian kendaraan. Normalnya usia kampas kopling pada kendaraan akan habis pada kisaran jarak tempuh 20.000 km.nah secara otomatis jika jarak tempuh mobil sudah mencapai pada angka tersebut maka gejala kampas kopling habis sudah mulai terasa. Adapun tanda tanda kampas kopling mobil mulai habis sebagai berikut.

Akselerasi pada mesin lemah

Jika kampas kopling habis, maka tidak akan bisa mentransfer tenaga dari mesin sehingga menjadi penyebab akselerasi mesin menjadi lemah. Hal tersebut tidak akan berpengaruh pada top speed atau kecepatan maksimal pada kendaraan, namun untuk bisa mencapai kecepatan puncak mobil dengan kampas kopling yang menipis perlu membutuhkan waktu yang lebih panjang.

Sebagai contoh saat kampas kopling masih tebal, pengemudi mobil bisa mencapai kecepatan 100km/jam dalam waktu 10 detik, namun ketika kampas kopling sudah mulai menipis maka untuk mencapai kecepatan tersebut sang pengemudi perlu tambahan waktu yaitu sekitar 15 detik bahkan bisa menjadi lebih.

Selip kopling

Ketika kampas kopling mulai habis biasanya sering timbul selip pada kopling, namun bukanhanya itu saja gejala ini bisa terjadi karena akibat penggunaan oli yang tidak sesuai dan penggunaanya yang terlalu lama juga bisa menyebabkan selip kopling.

Putaran mesin tinggi

Tanda tersebut diakibatkan dari pengaruh akselerasi yang lemah dan kampas mulai licin sehingga menyebabkan putaran mesin tinggi meskipun kecepatan mobil standart.

Tenaga mesin berkurang

Ketika pada mobil memiliki rpm yang semakin tinggi namun kecepatannya masih rendah, maka kemungkinan besar kampas kopling pada mobil sudah mulai habis.

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *