Kenali Gejala dan Penanganan Mobil Di Saat Darurat

Kenali Gejala dan Penanganan Mobil Di Saat Darurat

Kenali Gejala dan Penanganan Mobil Di Saat Darurat. Masalah pada mobil bisa timbul kapan dan dimana saja. Apabila masalah terjadi di sekitar kota atau tempat yang ramai, kita masih bisa sedikit bernapas lega karena bisa mencari bengkel untuk memperbaiki.

Tetapi, bagaimana jika masalah muncul ketika kita melintasi jalan yang sepi dan jauh dari keramaian? Anda harus mengenali gejala yang timbul serta bagaimana cara menanganinya!

Kondisi mesin yang terlalu panas seringkali memicu berbagai masalah. Lalu lintas yang macet bisa jadi pemicu panas mesin berlebih atau disebut juga overheat.

Indikator suhu mesin yang sudah menunjukkan angka ¾ atau berwarna merah adalah tanda mesin suhu mesin mobil memanas. Langsung matikan AC ketika mobil telah memberikan ‘sinyal’ semacam ini.

Setelah mematikan AC, segeralah menepi untuk mematikan mesin. Jangan panik lalu langsung membuka kap mesin karena suhu di sekitar ruang mesin sangat panas dan bisa membahayakan Anda.

Tunggu sekitar 20 menit atau sampai indicator suhu mesin berada pada posisi ¼. Kemudian, lihatlah level air pada tangki reservoir air radiator.

Anda bisa menggunakan air mineral atau air biasa untuk mengisi radiator. Isilah air radiator melalui tangki reservoir, bukan dari radiator karena air panas bisa menyembur saat tutup radiator dibuka.

Masalah lain yang kerap mendatangi mobil adalah wiper yang tidak berfungsi. Pada kondisi hujan, wiper sangat bermanfaat untuk menyapu air, jadi jika wiper tidak menyala akan berbahaya bagi keselamatan pengendara.

Apabila Anda menjumpai masalah seperti ini ditengah jalan dan hujan sedang turun, Anda bisa mengakalinya dengan mengoleskan sabun colek atau sabun cuci piring di kaca sehingga permukaannya yang licin bisa membuat air hujan meluncur turun.

Rem bermasalah selalu menjadi momok menakutkan bagi semua pengendara mobil. Bayangkan jika Anda sedang berkendara di jalan menurun dan rem tidak berfungsi!

Pada kondisi darurat, Anda bisa menangani rem blong dengan cara mengisi tabung minyak rem dengan air. Anda juga bisa menggunakan water coolant untuk menggantikan minyak rem.

Komponen kelistrikan mobil juga kerap kali member masalah saat berkendara. Sekring putus ketika mobil tengah dibawa perjalanan jauh bisa Anda akali dengan memanfaatkan serabut kabelnya. Anda juga bisa menggunakan sekring cadangan jika ada.

Ban bocor adalah masalah yang paling sering ditemui. Ketika Anda berkendara pada kecepatan tinggi dan ban pecah, jangan langsung menginjak rem.

Stabilkan kecapatan mobil terlebih dahulu, sambil menepi. Lalu, gunakan tanda segitiga ketika hendak mengganti ban di pinggir jalan.

Tips-tips diatas hanya untuk keadaan darurat, tentu saja setelah menemukan bengkel Anda harus langsung menyerahkan masalah mobil pada ahlinya.

 

Demikian Tip dari kami.

Untuk Informasi Produk toyota, harga toyota avanza di samarinda, harga toyota Agya di samarinda, harga toyota innova di samarinda, harga toyota Hilux Double Cabin di samarinda, harga toyota Hilux Single Cabin di samarinda, harga toyota Etios di samarinda, harga toyota Avanza Veloz di samarinda, harga toyota Fortuner di samarinda, harga toyota Rush di samarinda, harga toyota Truk Dyna di samarinda, harga toyota Yaris di samarinda, harga toyota Vios di samarinda, harga toyota Alphard di samarinda, harga toyota Altis di samarinda, harga toyota Camry di samarinda, harga toyota NAV1 di samarinda, harga toyota Hiace di samarinda, harga toyota Land Cruiser di samarinda,

Untuk Info Toyota Samarinda anda dapat menghubungi kami :

IIS SANDI

HP          : 0853-4599-9823 atau 0812-5525-223

BBM      : 5734BD57

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *