Kembaran Toyota Agya Hadir Dengan Mesin & Desain Baru di Malaysia

Toyota Samarinda : Kembaran Toyota Agya Hadir Dengan Mesin & Desain Baru di Malaysia.

Kembaran Toyota Agya Hadir Dengan Mesin & Desain Baru

Kembaran Toyota Agya atau Daihatsu Ayla di Malaysia, Perodua Axia, mendapat perubahan tampilan, fitur hingga mesin. Mobil termurah di negeri Jiran itu, kini memiliki tampilan lewat perubahan di bagian gril serta desain head lamp yang lebih segar.

 

Dilansir dari Paultan, Perodua Axia kini menggunakan lampu proyektor baru serta desain bumper yang tampak seperti Toyota Avanza. Selain itu, beberapa bagian juga diberikan aksen krom sehingga tampak lebih mewah dan elegan meski dibanderol murah.

 

perodua Axia rear

 

Namun bukan soal tampilan yang jadi fokus perubahan kembaran Agya ini. Penggunaan mesin baru serta dibenamkannya teknologi anyar pada Perodua Axia facelift ini menjadi hal menarik.

 

Ya, dari brosur yang didapat Paultan, tertulis mobil ini sudah dilengkapi teknologi Variable Valve Timing Intelligent (VVT-i). Sementara mesin yang digunakan, bernama 1KR-VE berkapasitas 1.0 liter, DOHC dan EFI (Electronic Fuel Injection) merupakan pengganti seri 1KR-FE seperti yang beredar di tanah air juga.

 

interior new Axia

 

Perodua Axia terbaru diklaim lebih bertenaga dan hemat bahan bakar. Total power yang bisa dihasilkan naik menjadi 67 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsinya 91 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga yang dihasilkan, disalurkan ke roda depan dengan pilihan transmisi manual lima percepatan atau girboks otomatis 4-kecepatan.

 

Konsumsi bahan bakarnya, pada transmisi manual mencapai 22,5 km/liter dari sebelumnya hanya 21,5 km/liter. Untuk sektor keamanan, Perodua Axia sudah dilengkapi fitur smart entry system dan juga strat/stop engine. Sementara bagian kabin, tak banyak perubahan yang terjadi. Hanya di sektor hiburan, mobil ini bakal mendapatkan head unit layar sentuh baru dengan Smart Link.

 

1KR-VE VVT-i engine

 

Mobil ini dijual mulai RM 24,900 atau sekitar Rp 74 jutaan hingga varian tertinggi Axia yang dilengkapi fitur Advance auto dijual RM 42,900 atau berkisar Rp 128 jutaan. Rencananya, facelift Perodua Axia ini, diperkenalkan pada 20 Januari mendatang. Lantas apakah PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang memproduksi Toyota Agya dan Daihatsu Ayla turut melakukan perubahan  di Indonesia?

 

Kabar yang kami terima keduanya akan melakukan penyegaran pada tahun ini. Bahkan info lebih mengejutkan, mesin akan menggunakan 3NR-VE 4-silinder yang tak lain sama dengan milik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Wajah pun juga berubah namun belum ada kepastian bakal seperti apa. Menurut sumber kami, wajah Agya facelift akan menyerupai Toyota Aygo. Tapi melihat tampilan anyar Perodua Axia, akan menarik juga bila diadopsi untuk Agya atau Ayla.

 

Sebagai informasi, Perodua ialah perusahaan mobil terbesar kedua di Malaysia setelah Proton. Nama Perodua merupakan singkatan untuk “Perusahaan Automobil Kedua”. Perodua merupakan perusahaan otomotif lokal Malaysia yang memproduksi dan mendistribusikan produk-produk Daihatsu di Malaysia dan juga Toyota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *