Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Matic Vs Mobil Transmisi Manual

Toyota Samarinda : Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Matic Vs Mobil Transmisi Manual.

Kekurangan Mobil Matic Vs Mobil Transmisi Manual

Mobil adalah salah satu ajang bergengsi bagi sebagian besar orang menengah keatas. mereka yang mampu membeli, lebih suka memilih mobil daripada membeli kendaraan roda dua. Wajar saja, selain dapat mengangkut penumpang yang lebih banyak, berkendara dengan mobil juga memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang lebih jika dibandingkan menggunakan sepeda motor.

Kecanggihan teknologi mobil masa kini selalu menjadikan Banyak orang kebingungan dalam memilih mobil yang tepat. Contoh yang paling kecil adalah tentang pilihan transmisi. kebanyakan orang selalu pusing dengan pilihan model transmisi antara trasmisi matic tanpa gigi atau mobil manual dengan menggunakan gigi.

Oleh sebabnya sebelum menentukan pilihan dalam membeli mobil, Ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui beberapa perbedaan yang dimiliki oleh mobil matic dan mobil manual.

Mobil Manual VS automatic

Berikut ini adalah Kelebihan dan Kekurangan mobil Matic Vs Mobil transmisi Manual :

1. Pemeliharaan

Untuk hal pemeliharaan, perawatan gear box mobil matic cukuplah rumit dan harus sering dilakukan oleh mekanik. Sedangkan mobil matic membutuhkan lebih sedikit servis pada bagian gigi transmisi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa biaya perawatan mobil transmisi automatic cukup tinggi jika dibandingkan dengan mobil transmisi manual.

2. Oli

Perihal pelumas mesin atau oli, jika dibandingkan dengan mobil matic mobil trasnmisi manual jauh lebih irit. Mobil matic dapat digunkan untuk berjalan ratusan kilometer tanpa ada masalah dalam setiap penggantian pelumas secara berkala. Sedangkan mobil matic akan lebih sering membutuhkan penggantian oli mesin sebab kinerja mesinya berbeda dengan trasnmisi manual. Namun dengan demikian saat ini beberapa jenis mobil matic sudah ada yang bisa bertahan dengan peggantian oli mesin yang cukup lama seperti halnya pada mobil manual.

3. Akselerasi

Soal akselerasi, bagi driver yang suka jalan cepat atau ngebut lebih cocok menggunakan mobil manual. Sebaliknya jika berada diperkotaan dengan kondisi lalu lintas yang sering macet, pilihan mobil matic sangatlah tepat. Dibanding dengan transmisi manual, para driver akan terasa nyaman menggunkan mobil matic.

Berbeda dengan jalanan pegunungan dengan kondisi jalan naik turun, medan tersebut sangatlah cocok dilalui oleh mobil bertransmisi manual.

4. Operasi (mengemudi)

Bagi yang sudah terbiasa menggunkan mobil manual, pastinya sudah hafal betul cara menggunakan ketiga pedal dan perseneling. Namun bagi yang masih tahap belajar, jauh lebih mudah menggunakan dan lebih cepat bisa menjalankan mobil matic.

Para driver mobil manual harus tahu waktu yang tepat menambah serta mengurangi gigi. Sedangkan mobil matic tidak memerlukan pengetahuan yang lebih, mereka cukup mengetahui sedikit fungsi perseneling, rem serta gas.

5. Bahan Bakar

Mengnai penggunaan bahan bakar, mobil matic cukup boros. Namun belum tentu juga mobil manual lebih irit. Semua tergantung pada penggunaya. Jika pengemudi menggunkan aturan perseneling dengan benar bisa jadi mobil trasmisi manual lebih irit mengkonsumsi BBM.

Soal konsumsi BBM sebaiknya anda tak perlu khawatir sebab saat ini sudah banyak mobil baik matic ataupun manual yang sudah mengadopsi mesin dengan teknologi yang menekan penggunaan BBM.

Setelah anda mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan Mobil matic Vs mobil transmisi manual, pastinmya sekarang anda sudah bisa menilai tentang mobil yang cocok dan terbaik untuk anda. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan Mobil matic Vs mobil transmisi manual, anda bisa menanyakan di bengkel mobil matic yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *