Jok Lama Serasa Baru ? Ini Dia Teknik Membuatnya !

Toyota Samarinda : Jok Lama Serasa Baru ? Ini Dia Teknik Membuatnya !. Jok merupakan komponen utama interior mobil.

Jok Lama Serasa Baru
Sarung jok mobil menjadi kebutuhan utama bagi pemilik mobil baru. Jok mobil tersedia dalam berbagai ragam warna dan bahan. Setiap pemilik mobil pasti menginginkan jok mobil yang selaras dengan tipe mobil, kelir mobil, atau bahkan selera masing-masing. Sebagai tempat duduk di dalam mobil, jok mobil tentu tak luput dari kotoran.

Sering sekali kita jumpai bermacam macam produk variasi jok mobil dari yang berkualitas standar sampai yang berkualitas istimewa. Hampir semua beralih ke jok variasi dikarenakan mempunyai kepuasan dan kenyamanan tersendiri.

Jok merupakan komponen utama interior mobil. Sarung jok mobil menjadi kebutuhan utama bagi pemilik mobil baru. Mengubah jok bisa dengan berbagai cara, baik sekadar memberi sarung atau mengganti lapisan asli menjadi kulit dengan warna dan motif jahitan menyesuaikan selera. Penerapan dari salah satu model sudah bergantung kebutuhan pengendara mobil .

Pengetahuan mengenai jenis-jenis bahan yang sering digunakan dalam melakukan modifikasi jok penting anda ketahui sebelum memilihnya. Ada dua jenis bahan yang sering  digunakan dalam kegiatan ini yaitu kulit asli dan kulit sintetik/imitasi yang masing masing memiki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kulit asli memiliki tekstur yang lebih lembut, dan adem yang bisa memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya. Kulit asli juga cukup tahan lama sehingga tidak heran harganya pun tentunya lebih mahal dibandingkan dengan kulit imitasi/sintetik.

Apalagi ketika mobil dibawa melakukan perjalanan jauh. Anak-anak kecil dipastikan makan, bermain dan bahkan tidur di jok mobil. Hal tersebut tentu menimbulkan kotoran atau noda pada jok. Sayangnya, beberapa pemilik mobil tidak terlalu ambil pusing dengan kebersihan jok mobilnya.

Bentuknya yang besar dan memenuhi ruangan mobil serta kelihatan sulit dibersihkan membuat para pemilik mobil tidak repot-repot mencuci jok. Padahal, ketika anak-anak bermain di jok yang tidak bersih, kemungkinan besar ada banyak penyakit yang bersarang.

Bahkan, dalam riset yang dilakukan para peneliti di Universitas Birmingham menyatakan bahwa dalam setiap sentimeter persegi jok mobil terdapat rata-rata 100 bakteri yang berbahaya dan terdapat pula jamur.

Bayangkan anak-anak Anda, dan Anda sendiri duduk berjam-jam di jok yang penuh bakteri dan jamur. Pasti tak akan membuat perjalanan nyaman. Jadi, sebaiknya cucilah jok mobil untuk menghindari penumpukan kotoran yang berpotensi membawa penyakit bagi keluarga Anda.

Namun pabrikan mobil juga selalu merekomendasikan pembersihan jok mobil. Hal ini bisa anda jadikan opsi kedua untuk mengganti jok mobil anda. Ketika memutuskan untuk mencuci jok, pastikan mobil tidak akan digunakan dalam waktu 12 hingga 24 jam ke depan.

Bagi jok berbahan sintesa dan kulit, Anda dapat mencucinya dengan cairan pembersih khusus. Tuangkan cairan pada jok lama tersebut, tunggu satu menit, kemudian gosok menggunakan sikat untuk membersihkannya.

Berbeda dengan jok kulit, jok lama yang berbahan fabric sebaiknya dibersihkan dengan foam. Jika terdapat noda, Anda bisa melepasnya dan mencuci lapisan jok seperti mencuci baju.

Yang terakhir adalah bahan beludru, lepaskan jok kemudian semprotkan cairan pembersih dan sikat searah. Tunggu hingga jok kering total sebelum mobil digunakan kembali.

Sumber : http://www.toyota.astra.co.id, www.liputan6.com/otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *