Jangan Lupa Berdirikan Wiper Mobil Saat Parkir

Toyota Samarinda : Jangan Lupa Berdirikan Wiper Mobil Saat Parkir. Sebagai negara yang beriklim tropis dan dilalui garis khatulistiwa, hawa panas sepertinya sudah menjadi sahabat sehari-hari di Indonesia.

Berdirikan Wiper
Tidak hanya suhu udara saja , terik matahari pun juga sangat panas, terutama di tengah hari.

Suhu udara serta terik matahari di tempat terbuka bisa berdampak buruk bagi mobil. Sayangnya, beberapa tempat parkir masih banyak yang tidak beratap alias berada di tempat terbuka. Mobil pun harus rela ditinggalkan di tempat terbuka yang suhunya panas serta terkena terik matahari secara langsung.

Sering memarkir mobil di tempat terbuka berpengaruh pada eksterior mobil. Selain berdampak buruk pada cat mobil, panas matahari juga bisa berdampak negatif pada bagian-bagian yang terbuat dari karet.

Salah satu yang paling rawan terkena dampak negatif dari suhu panas dan sinar matahari yang terik adalah wiper mobil. Bagian karet pada wiper mobil bisa mengeras jika terlalu sering terpapar sinar matahari serta suhu panas.

Jika karet wiper mengeras justru bisa merusak bagian lain seperti kaca mobil. Pasalnya, karet wiper yang mengeras dapat menggores kaca mobil ketika wiper digunakan .

Tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan berdirikan wiper ataupun menegakkan batang wiper agar tidak menempel langsung pada kaca mobil. Kenapa justru harus diberdirikan? Karena kaca adalah konduktor panas.

Oleh karena itu biasakan untuk selalu memposisikan batang wiper dalam keadaan yang tegak agar tidak menempel langsung pada kaca mobil. Karena jika kaca menempel pada karet pada waktu yang lama , maka potensi karet wiper melepuh akan meningkat.

Wiper yang terus menempel pada kaca dan sering terkena suhu panas akan lebih meningkatkan resiko karet berubah getas.

Teknik lain yang bisa dilakukan adalah dengan melapisi bagian karet wiper dengan kertas aau kain agar tidak menempel langsung ke kaca mobil. Cara ini akan lebih menguntungkan bagi Anda karena terlalu sering menegakkan wiper bisa membuat pegasnya tidak awet .

Tetapi, tentu Anda harus lebih memilih memarkir mobil di area yang lebih terlindungi untuk mencegah dampak buruk lainnya.

Meskipun manfaatnya sama ada keuntungan lain yang didapat karena jika terlalu sering mengangkat batang wiper bisa membuat pegasnya cepat rusak . Maka dari itu sebaiknnya cara yang lebih efektif . Yaitu melapisi karet wiper dengan koran ketika kita akan parkir dalam waktu yang lama.

Usahakan selalu memarkirkan mobil anda di tempat yang terlindung dari tempat bersuhu cukup panas atau tempat yang terkena sinar matahari langsung, namun bila tidak bisa, sudah saatnya anda memperaktekkan  cara diatas tersebut . Karena cara tersebut akan membantu mobil anda tetap terawat. Sayangi mobil anda dengan cara meminimalisir kerusakan yang mungkin bisa terjadi akibat keteledoran anda sendiri.

parkir ideal memang dilakukan pada tempat yang tidak langsung berhadapan dengan sinar matahari , namun hal ini tidak selalu dapat dilakukan. demikian tips agar karet wiper anda tidak berpotensi menggores kaca depan anda, dengan membatasi diantarannnya dengan korang atau kain atau dengan memberdirikannnya. demikian manfaat berdirikan wiper pada saat parkir di tempat panas dan lama, terimakasih telah berkunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *