Inilah Lima Kebiasaan Buruk Yang Membuat Mobil Cepat Rusak

Toyota Samarinda : Inilah Lima Kebiasaan Buruk Yang Membuat Mobil Cepat Rusak.

Kebiasaan Buruk Yang Membuat Mobil Cepat Rusak

Untuk menjaga performa mobil agar tetap maksimal saat digunakan mau tidak mau mobil membutuhkan perawatan yang rutin. Namun terkadang merawat mobil secara rutin dan berkala tersebut tidak diindahkan oleh pemiliknya sehingga mobil akan cepat rusak, tidak nyaman saat dikendarai bahkan kadang membuat frustasi karena mobil sering macet di tengah perjalanan. Hanya karena beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak mobil kesayangan Anda dan terkadang Anda pun tidak menyadarinya.

Mobil ngadat di tengah jalan

Melalui situs resmi Toyota Astra, berikut ini adalah 5 kebiasaan buruk yang membuat mobil cepat rusak atau kendaraan yang Anda miliki tidak lagi nyaman untuk dikedarai. Mari kita kupas bersama.

1. Jarang melakukan servis

Mobil yang bagus dan normal karena memiliki berbagai komponen-komponen mobil yang normal pula terutama pada bagian mesin mobil yang mendukung kelistrikan penuh. Nah, agar komponen mobil tidak cepat rusak maka jangan menunda waktu untuk melakukan servis, karena hal ini akan membuat kendaraan Anda akan berjalan dalam keadaan terpaksa.

Jadi melakukan servis secara rutin sangat diperlukan agar kondisi mobil dapat terpanta. Apabila ternyata ditemukan malfungsi dari bagian mobil, maka dengan mudah akan dapat segera diatasi.

Dengan melakukan servis ini, area-area yang perlu dibersihkan dari kotoran akan terlihat. Termasuk pula, dalam paket servis mobil biasanya penggantian oli dilakukan tanpa harus menunggu bagian mobil ada yang rusak terlebih dahulu.

2. Sering mengabaikan peringatan otomatis yang diberikan oleh kendaraan

Beberap jenis mobil terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi-teknologi canggih dan salah satunya bisa mendeteksi masalah internal pada mobil. Dan jika peringatan tersebut datang maka alangkah baiknya Anda segera mengeceknya di bengkel langganan Anda, siapa tahu peringatan tersebut merupakan masalah yang serius yang bisa merusak mobil kesayangan Anda.

3. Pindah gigi secara secara sembarangan

agar mobil awet selain memperhatikan dua hal diatas yang tak kalah pentingnya lagi adalah pengolahan terhadap transmisi mobil. Pengguna harus melakukan pelatihan khusus dalam mengolah transmisi atau gigi mobil, karena perubahan gigi atau transmisi perlu dilakukan secara benar dan tepat. Misalnya melakukan pengalihan transmisi dengan menginjak pedal kopling dan sebagainya. Dalam hal ini, agar mobil bisa awet transmisi perlu dilindungi dengan perilaku berkendara yang benar.

4. Menginjak rem mendadak dan terbiasa tancap gas langsung tinggi

Hal yang bisa membuat mobil cepat rusak berikutnya adalah seringnya melakukan pengereman mendadak. Jika hal ini secara terus menerus Anda lakukan maka akan mengakibatkan rem cepat aus. Sementara itu, dengan terbiasa melakukan tancap pedal gas langsung tinggi juga kurang baik apalagi ketika mobil mulai angkatan atau jalan. Selain itu penggunaan bahan bakar juga akan lebih boros.

5. Kurang memperhatikan kondisi ban

Untuk menjaga performa mobil agar nyaman saat dikendarai salah satunya adalah memperhatikan kondisi ban. Karena jika Anda kurang dalam memperhatikan kondisi ban maka bisa mengakibatkan bahaya saat berkendara. Saat jalan licin, berhati-hatilah karena mobil akan lebih sulit dikendalikan dan pada kondisi tersebut juga bisa membuat boros dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Itulah lima kebiasaan buruk yang membuat mobil cepat rusak dan mungkin jarang sekali diperhatikan oleh pemiliknya. Dengan mengabaikan hal-hal diatas permorma mobil juga akan berkurang, bahkan mobil kurang nyaman dikendarai.

Jika perawatan pada komponen-komponen mobil tidak dilakukan dengan maksimal maka usia ekonomis dari mobil pun juga bakal menurun an cepat. Itulah sebabnya, melakukan servis rutin pada kendaraan harus tetap dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *