AC Mobil Tidak Dingin Lagi ? Inilah Alasan-Alasannya !

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Inilah Alasan-Alasan Mengapa AC Mobil Tidak Dingin Lagi. Air Conditioner atau lebih sering disingkat AC, tentu punya peranan utama yang sangat penting dalam mobil.

AC Mobil Tidak Dingin
Ya, bayangkan saja kalau mobil anda AC-nya dalam kondisi rusak, dan anda sedang terjebak macet disiang hari. tentu hal itu bagaikan mimpi buruk yang tidak anda inginkan samasekali.

Air conditioner yang ditempatkan dalam mobil Anda ditujukan agar bisa memberikan udara sejuk ketika cuaca di luar mobil sangat panas. Namun bila sampai AC mobil tidak dingin lagi pada saat di dalam mobil atau bahkan tidak lagi panas, tentunya ada masalah tertentu yang harus segera diatasi.

Nah, berikut ini beberapa faktor yang harus Anda perhatikan bila AC mobil tidak dingin ataupun terasa kurang dingin. Faktor yang pertama adalah karena freon kurang atau habis. Bila tidak ada kebocoran maka freon itu tidak akan pernah berkurang atau bahkan habis. Perhatikan apakah terjadi kebocoran atau tidak.

Faktor yang kedua adalah karena kondensor dan radiator kotor. Masalah bisa diatasi dengan membersihkan bagian ini. kemudian, AC mobil tidak lagi dingin mungkin juga disebabkan karena motor fan lemah, mati atau bahkan meleleh. Selain itu, Overheating pada mesin juga berpengaruh terhadap AC karena tingginya temperatur mesin.

Faktor lainnya adalah karena agnetic clutch yang mati atau terbakar dan rusak. Magnetic clutch jika mati menyebabkan armature assembly tidak terhubung dengan puli kompressor ac yang berputar dengan mesin. Selain itu tekanan freon yang overheat bisa juga membuat AC kurang dingin. Hal ini karena tekanan pada system AC berlebihan akan menyebabkan Condensor jadi over heat sehingga membuat Kompresor jadi kepanasan secara otomatis kinerja ac akan menurun. Bisa juga karena faktor kelebihan oli kompressor, bahkan faktor kompressor yang aus atau jebol juga harus diperhatikan.

Bila ada masalah pada thermistor atau termostart maka AC mobil sudah pasti tidak akan lagi dingin. Thermistor cooler merupakan peraba suhu di dalam rumah evaporator yang berfungsi untuk membaca perubahan temperatur kemudian di teruskan ke amplifier untuk mengatur waktu cut off dari kompressor.

Perhatikan pula faktor dimana evaporator menjadi kotor. Dan faktor terakhir adalah karena saluran air box evap tersumbat. Bila saluran buang air kondensasi tersumbat maka box evap akan penuh dengan air, berembun dan air akan menetes di bawah dashboard membasahi karpet mobil. Dengan air kondensasi memenuhi rumah evap mengakibatkan aliran udara dari blower terhambat.

Namun tidak hanya pengaruh dari dimensi-dimensi mobilnya saja, faktor eksternal pun juga dapat mempengaruhi keadaan interior mobil, misalnya saja di dalam mobil yang berkapasitas 7 orang anda memasukkannya dengan 9 orang, terlebih yang mengisi mobil tersebut adalah orang dewasa, jadi hal tersebut akan mengurangi kemampuan kerja AC. Tak hanya itu, cuaca panas yang ekstrim juga dapat menyebabkan kemampuan kerja AC yang membuatnya berkerja tidak maksimal.

Bila Anda menemukan salah satu faktor diatas terjadi pada AC mobil Toyota kesayangan Anda, maka AC akan menjadi tidak dingin atau kurang dingin. Jadi anda bisa dengan mudah mendeteksi dan dengan sesegera mungkin memperbaikinya demi meminimalisir kerusakan yang lebih lagi.

 

Semoga dengan adanya artikel AC mobil tidak dingin tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.
Sumber: http://modifikasi.com/, http://tempatberita.com/

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *