Ini Alasan Toyota Avanza dan Honda Mobilio Laris Manis di Indonesia

Toyota Samarinda : Ini Alasan Toyota Avanza dan Honda Mobilio Laris Manis di Indonesia.

Toyota Avanza dan Honda Mobilio Laris Manis

Pasar mobil di Indonesia, dikuasai laris manisnya produk jenis multi perpose vehicle (MPV). Kapasitas muat hingga tujuh penumpang, memiliki ruang kabin yang lapang, menjadi faktor lakunya produk jenis MPV di tanah air.

 

Hampir seluruh pabrikan di Indonesia memiliki produk jenis MPV. Di 2016 saja, dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sebanyak 339.352 unit mobil jenis MPV terjual. Artinya, dengan raihan itu, penjualan mobil MPV hampir mencapai 40 persen dari total keseluruhan penjualan mobil di Indonesia pada 2016 yang mencapai 1.061.015 unit.

 

 

Honda Mobilio RS CVT 2017 01
Honda Mobilio RS 2017

 

Kukuh Kumara, Sekretaris Jenderal (Sekjend) Gaikindo memprediksi, minat masyarakat terhadap mobil jenis MPV masih mendominasi. Ia menuturkan, awal ketertarikan orang Indonesia pada mobil keluarga ini, bermula karena adanya peribahasa ‘makan enggak makan asal kumpul’.

 

Kenapa MPV menarik? Awalnya dari tahun 70 – 80-an pas mau bikin kendaraan komersial, tapi kendaraan mengangkut penumpang juga dibutuhkan. Akhirnya karena kebutuhan dan budaya kumpul bareng di mobil jadilah MPV,” terang Kukuh dalam diskusi ‘Peluang dan Tantangan Model MPV di 2017’ yang diselenggarakan Forum Wartawan Otomotif (Forwot) di Jakarta, hari ini, Kamis (23/3).

 

Pengendalian Veloz 1.5
Toyota Avanza Veloz 2017

 

Lebih lanjut, ia menambahkan, kehadiran Toyota Kijang sebagai produk MPV menarik minat masyarakat kala itu. Sejak itu produk-produk yang dikatakan mobil keluarga mendominasi penjualan di tanah air. Selain itu, ia menerangkan bila pajak yang rendah jadi salah satu alasan mengapa mobil jenis ini cukup diminati.

 

“Kijang waktu itu muncul sebagai kendaraan komersial dan dikonversi dengan karoseri. Akhirnya mobil ini tumbuh seperti sekarang dengan struktur pajak yang tidak terlalu tinggi. Pajak yang cukup rendah, sangat mempengaruhi pertumbuhan MPV saat itu hingga kini,” tambahnya.

 

Dari data Gaikindo, produk jenis MPV dibedakan menjadi tiga segmen : low MPV, MPV dan juga upper MPV. Untuk produk jenis low MPV yang ada di Indonesia seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan lainnya. Sementara jenis MPV terdapat Toyota Kijang Innova, Nissan Grand Livina, Honda Freed, Isuzu Panther dan lainnya. Untuk upper MPV merupakan kendaraan mewah seperti Toyota Alphard, Mazda Biante, Mitsubishi Delica dan Nissan Serena.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *