Ingin Tahu Cara Pulihkan Velg Yang Bengkok ?

Toyota Samarinda : Ingin Tahu Cara Pulihkan Velg Yang Bengkok ? Komponen ini memang merupakan bagian dari komponen yang vital pada mobil. Velg ini merupakan bagian dari ban yang berfungsi untuk memberikan titik tumpu atau penahan kepada ban agar mampu menyangga beban yang diangkutnya.
Velg Yang Bengkok
 Velg mobil menjadi salah satu komponen yang rentan bengkok atau bahkan pecah. Pasalnya, komponen yang satu ini berhubungan langsung dengan pengendalian arah gerak mobil. Tidak mengherankan bila ketika melewati jalanan yang bergelombang atau berlubang, velg mobil menjadi salah satu komponen yang kerap terkena imbasnya.
Seringnya, velg mobil bengkok atau pecah ketika terbentur benda keras. Mobil yang terus-menerus diajak melewati jalanan berlubang juga bisa menyebabkan velg tidak panjang umur. Velg yang sudah pecah tentu tak memiliki pilihan lain selain diganti.
Jika velg mobil sudah rusak, cara yang paling mungkin dilakukan adalah memperbaiki atau mengganti velg tersebut. Sayangnya, tidak semua velg dan jenis kerusakan dapat diperbaiki. Lagipula, perbaikan velg yang rusak tidak mengembalikan velg ke kondisi terbaik di awal. Jika sudah demikian, maka anda harus mengganti velg tersebut dengan yang baru. Sayangnya, untuk itu anda harus menyiapkan uang yang tidak sedikit.
Anda masih bisa memulihkan bentuknya. Memastikan tekanan angin pada ban dalam keadaan optimal juga penting dalam menjaga velg mobil anda. Jika ban mobil yang bertekanan angin kurang dari standar akan menyebabkan pelek menahan benturan keras, apalagi jika anda mengendarai mobil melibas jalan berlubang dengan diameter yang cukup besar dan juga mempunyai kedalaman yang cukup dalam. Maka velg banpun akan bengkok, jeruji jari jari akan kendur (jika sobat yang memiliki velg jari jari), dan palang velg bengkok, bahkan bisa mengakibatkan keretakan . Sehingga kondisi velg akan mengalami speleng alias tidak lurus dengan tromol.
Jika velg mobil anda bermasalah ketika berkendara, maka bukan hanya ketidaknyamanan yang akan timbul tapi juga aspek keselamatan terancam. Untuk mengetahui velg mobil yang bermasalah, yaitu kondisi velg terlihat tidak lurus dengan tromol atau biasa disebut speleng.
Ketika Anda mendapati velg mobil Anda bengkok, Anda tak perlu khawatir. Untuk memperbaikinya, Anda membutuhkan alat khusus yang berfungsi mengembalikan bentuk velg. Selain itu, Anda juga membutuhkan besi setengah lingkaran.
Gunakan besi setengah lingkaran tersebut untuk menekan bagian velg yang bengkok agar dapat kembali seperti semula. Ukuran lebar besi setengah lingkaran harus disesuaikan dengan lebarnya bengkokan yang dialami velg. Sehingga, besi setengah lingkaran bisa menekan sesuai dengan bagian velg yang ingin diperbaiki.
Apabila bengkokan velg parah atau hingga velg terlihat melesak, tekanan dari besi setengah lingkaran diberikan mulai dari setengah lingkaran kecil, lalu semakin besar hingga ke velg presisi dapat kembali ke bentuk semula.
Fungsi velg sangat esensial bagi mobil karena velg adalah penyalur tenaga dari mesin ke seluruh mobil. Velg mobil adalah salah satu komponen yang harganya mahal jika harus diganti.
Oleh karena itu, selain harus mengetahui cara memperbaikinya, ada baiknya Anda selalu berhati-hati ketika melewati jalanan yang berlubang atau bergelombang. Pastikan untuk mengemudi dengan hati-hati atau lewat jalan yang lebih halus dan rata.

Semoga dengan adanya artikel Ingin Tahu Cara Pulihkan Velg Yang Bengkok ? tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Sumber : www.otosia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *