Ingin Mobil Toyota Anda Awet Tahan Lama ? Lakukan Cara Berikut ini

Toyota Samarinda : Ingin Mobil Toyota Anda Awet Tahan Lama ? Lakukan Cara Berikut ini.

Mobil Toyota Anda Awet Tahan Lama

Memiliki mobil awet dengan performa yang apik tentunya menjadi impian banyak pengendara. Sayangnya untuk mendapatkan kondisi tersebut, sang pemilik harus mengeluarkan sedikit tenaga ekstra untuk merawat mobil mereka.

Terjadinya kerusakan komponen dan tidak berfungsinya system pada kendaraan adalah salah satu akibat dari kurangnya perawatan berkala kendaraan. Akibat kelalaian banyak sekali terjadi kasus  seperti rem blong, ban aus secara tidak wajar , bahkan bakar boros, engine over  houl(turun mesin), dll.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan sehingga mobil bisa bertahan lebih lama dan tak gampang mogok.

Tips yang pertama adalah dengan menjaga cara Anda  mengemudi. Cara mengemudi Anda dapat menjadi faktor mobil Anda dapat awet atau tidak. Kebiasaan memacu mobil dengan kecepatan terlalu tinggi dapat membuat performa baik mobil Anda tidak bertahan lama.

Hal ini karena saat anda ngebut maka Anda akan sering mengerem mendadak dalam kecepatan tinggi. Kebiasaan ini akan membuat ban mobil Anda cepat tipis dan juga membuang energi saat melaju cepat. Selain itu melaju dengan kecepatan tinggi juga berikan resiko pada keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.

Tips berikutnya adalah selalu berusaha untuk menghindari medan jalan yang sangat rusak, berlubang atau tidak rata. Dengan begitu, kaki – kaki mobil Anda  akan lebih aman dan awet tentunya. Ini tak akan menyebabkan ban terlalu banyak terkena tekanan benda-benda keras dan berahaya seperti bebatuan.

Jika memang tak bisa dihindari, Anda dapat mencoba untuk mengemudi dengan sangat pelan sehingga ban tak akan mendapat banyak tekanan. Lubang di jalan juga bisa meruak bagian samping ban dan Anda harus mengganti ban dengan baru karena tak ada cara untuk memperbaikinya.

Selanjutnya, Apabila penggantian oli tidak dilakukan secara berkala,maka kekentalan oli akan berubah akibat dari penumpukan kotoran dan lumpur yang melekat pada mesin dan oli mesin akan berwarna hitam pekat. .Akibatnya adalah suara mesin tidak lembut ,mesin rusak atau sulit untuk melakukan starter mesin mobil. Jangan pernah sekali-kali mencoba melakukan penambahan oli mesin tanpa melakukan penggantian sebelumnya , ini akan menyebabkan penurunan kinerja minyak  pelumas  itu sendiri.

Selain itu ada Berbagai cairan dan minyak pelumas yang perlu di cek kondisinya secara berkala dan rutin . Komponen itu  adalah minyak rem, power steering, dan air pendingin mesin.Fungsi dari pelumas  sendiri yaitu merawat mesin maupun komponen lainnya agar tetap dalam kondisi  prima.untuk memeriksa oli transmisi dan oli gardan bisa dilakukan ketika servis berkala dibengkel. Lihat secara detail spesifikasi dari coolant dan oli yang dipergunakan pada kendaraan mobil agya anda. Tanyakan kepada mekanik bengkel untuk lebih detailnya.

Tips terakhir tentu saja dengan menyervis mobil secara rutin. Dengan begini kondisi mobil Anda akan selalu terpantau dan dicek dan segera diperbaiki jika ada masalah kecil terjadi. Jadi masalah besar dapat dihindari dan diantisipasi dengan cepat.

Terkadang kurang perawatan pada aki juga membuat mobil kurang starter, seperti elektrolit aki habis, terminal kendor, kotor, berjamur dll. Nah kalau sudah dirawat, biasanya aki akan di charge sebelum digunakan. Dan aki akan kembali normal. Ini bisa dilakukan apabila aki mobil masih dalam  kondisi yang baik, bila karena faktor usia mungkin sangat sulit untuk mendapatkan kinerja aki yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *