Hindari Beli Mobil Bekas Kecelakaan dengan Hal Ini

Toyota Samarinda : Hindari Beli Mobil Bekas Kecelakaan dengan Hal Ini. Salah satu alternatif untuk mendapatkan kendaraan pribadi adalah dengan membeli mobil bekas. Meskipun membeli mobil bekas lebih hemat di kantong, namun Anda harus teliti jika ingin membeli mobil bekas. Salah pilih mobil bekas seperti membeli mobil yang pernah mengalami tabrakan malah dapat membuat Anda buntung bukan untung.
Mobil Bekas Kecelakaan

Dikutip dari Astraworld, dikatakan bahwa kondisi mobil yang sudah pernah mengalami tabrakan biasanya sudah tidak terlalu bagus. Mobil biasanya memiliki beberapa bagian yang sudah tidak bisa diperbaiki seperti sebelumnya. Ada beberapa bagian yang dapat Anda periksa.

Bagian yang pertama adalah ruang mesin & kap mesin. Biasanya bekas tabrakan dapat terlihat. Anda dapat mengamati dengan melihat perbedaan warna, cat yang tidak rata atau komponen yang biasanya tidak terkena cat, malah dicat. Ini biasanya digunakan untuk menutupi bekas kecelakaan.

Bagian kedua yang wajib diperhatikan adalah kaca depan & headlamp. Biasanya kondisi susukan kaca depan tidak sama jika mobil telah mengalami kecelakaan sebelumnya. Anda dapat memperhatikan sisa-sisa perekat kaca yang kurang merata di pinggir. Selain itu adanya bekas pemasangan kaca pada sekeliling bodi di pinggiran kaca. Bagian mika lampu juga wajib diperhatikan. Jika lampu terlihat lebih baru dari usia mobil, mungkin lampu tersebut diganti karna kecelakaan atau masalah lainnya.

Bagian terakhir yang wajib diperhatikan adalah lekukan bodi & cat. Lekukan yang tidak sesuai adalah tanda mobil pernah mengalami kecelakaan. Perhatikan apakah jarak antar sambungan bodi juga tidak rata.

Cara yang paling sering digunakan untuk memperbaiki bentuk bodi mobil yang rusak akibat terjadi benturan yang sangat keras adalah membawanya ke bengkel kenteng magic. Anda akan menemukan beberapa garis lekukan yang arahnya melenceng dari seharusnya serta terlihat tidak sama. Apabila Anda menemukan ada yang janggal pada garis-garis mobil setengah pakai maka bisa dipastikan jika mobil yang akan anda beli tersebut sudah pernah mengalami benturan pada bodinya.

Perhatikan juga perbedaan warna pada cat mobil. Jika cat berbeda warna dengan yang aslinya kemungkinan mobil telah mengalami kecelakaan dan berusaha ditutupi oleh penjual.

Lihat keharmonisan warna cat pada bodi mobil apakah sudah tidak serasi lagi atau justru sudah tampak warna yang berbeda. Apabila anda menemukan ada warna yang sudah berbelang berarti mobil bekas tersebut sudah pernah mengalami cat ulang dan warna yang digunakan sudah tidak orisinil dari pabrik.

Namun, pada dasarnya cara mengetahui ciri-ciri mobil bekas kecelakaan yang paling penting adalah untuk mengetahui apakah sebuah mobil sudah pernah mengalami tabrakan atau belum. Tetapi perlu menjadi perhatian sebelum Anda melakukan test drive Anda harus mendapatkan ijin dari si pemilik mobil karena banyak dari penjual mobil setengah pakai yang tidak memberikan ijin calon pembeli untuk mencoba mengemudikan mobil di jalanan.

Tidak mudah memang untuk melihat mobil tersebut sudah pernah mengalami kecelakaan atau belum. Tetapi dengan seringnya Anda melihat mobil setengah pakai dan mempraktekkan tips di atas yang telah dipaparkan, maka Anda akan semakin jeli dalam mengenali mobil yang sudah pernah mengalami benturan.

Sumber : Metrotvnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *